Berita Kota Kupang Terkini

Film Dengan Aktor dari Kamp Pengungsi Asal Timor Leste Masuk Nominator

Film Siko masuk nominator Piala Citra 2018 untuk film fiksi pendek. AKtornya adalah aktor dari kamp pengungsi asal Timor Leste di Kupang

Film Dengan Aktor dari Kamp Pengungsi Asal Timor Leste Masuk Nominator
ISTIMEWA/MANUEL ALBERTO MAIA
Poster Film Siko

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Film Siko  menceritakan tentang  tentang kehidupan sebuah keluarga pasca referendum 1999 di Timor Leste. Film ini menggunakan aktor dari kamp-kamp pengungsi asal Timor Leste, yang hingga saat ini masih tinggal di Indonesia.

Berlokasi di Boneana, Kupang, Nusa Tenggara Timur, salah satu tempat yang juga menjadi kamp pengungsian masyarakat asal Timor-Timur sembilan belas tahun silam.

Baca: Hebat ! Film Siko Produksi Komunitas Film Kupang Masuk Nominator Piala Citra

Baca: Indonesia Raih Tiga Penghargaan Terbaik Property Asia Awards 2018

Penulis naskah Siko sekaligus sutradara, Manuel Alberto Maia yang menghubungi POS-KUPANG.COM, Sabtu (10/11/2018) mengatakan Film Siko ini merupakan peraih Hibah Cipta Perdamaian 2018 oleh Yayasan Kelola yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Denmark di Indonesia, serta mendapat dukungan produksi dari Pusat Pengembangan dan Perfilman Kementrian Kebudayaan Republik Indonesia.

 Film ini juga Siko dekat secara personal dengan pengalaman Manuel Alberto Maia yang disapa Abe, selaku Sutradara, saat kecil ketika ia tinggal dan mengalami masa konflik di Timor-Timur.

Proses film ini sendiri dimaksudkan untuk menjadi salah satu metode healing dengan menjadikan karakter tokoh Siko dan keluarga sebagai medium refleksi terhadap konflik tahun 1999 tersebut.

Film ini masuk dalam nominator Piala Citra 2018

Penulis: Hermina Pello
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved