Berita Pendidikan

Bulan Bahasa di SMAK Frateran Ndao, Ini Yang Dilakukan!

Memeriahkan Bulan Bahasa di Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Frateran Ndao, Kabupaten Ende, menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Bulan Bahasa di SMAK Frateran Ndao, Ini Yang Dilakukan!
Romualdus Pius
Romualdus Pius 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Memeriahkan Bulan Bahasa di Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) Frateran Ndao, Kabupaten Ende, menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Perlombaan yang dilakukan, yakni Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Lomba Pidato Bahasa Inggris, Vokal Solo, Debat Bahasa Indonesia, Teater Monolog, dan Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan.

Kegiatan tersebut mengusung tema 'Melalui Literasi Kita Lahirkan Generasi Milenial Yang Cerdas, Kretatif, Inovatif, Kompetitif dan Berwawasan Kebangsaan'.

Baca: Taurus Bersiaplah, Mantan Kamu Bakal Ngajak Balikan?

Guru SMAK Frateran Ndao, Yosef Rayrego, kepada Pos Kupang, Kamis (4/11/2018) di sekolah tersebut, mengatakan, kegiatan perlombaan dilaksanakan selama satu minggu, sejak Senin (29/10/2019) hingga Sabtu (3/11/2018) bertempat di sekolah tersebut.

Menurut Yosef, perlombaan memeriahkan Bulan Bahasa di sekolah tersebut diikuti oleh semua siswa SMAK Frateran Ndao dari kelas X hingga kelas XII.

Yosef mengatakan, berbagai kegiatan tersebut bertujuan agar siswa memiliki kemampuan dalam bidang bahasa. Selain itu, menumbuhkan rasa percaya diri serta semakin bertumbuhnya rasa nasionalisme di dalam diri para siswa.

"Artinya kita tidak semata-mata mengajak para siswa untuk memiliki kemampuan dalam bidang bahasa, namun juga para siswa diajak untuk lebih memahami rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia, " kata Yosef.

Baca: Tahun Ini Dinsos NTT Tidak Usulkan Pahlawan Nasional

Menurut Yosef, dari perlombaan tersebut diharapkan para siswa lebih kreatif dan tumbuh rasa percaya diri ketika tampil di depan panggung di hadapan guru dan siswa lainnya saat membawakan berbagai mata lomba.

"Ketika masih bersekolah para siswa tentu hanya tampil di depan para siswa, namun ketika mereka berada di luar, mereka akan berhadapan dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Para siswa tentu sudah siap karena telah terbiasa tampil saat di sekolah, " kata Yosef.

Yohanes Mariano Banggo, salah satu peserta lomba, mengatakan dia bersama kawan-kawannya senang bisa tampil mengisi berbagai lomba pada kegiatan bulan bahasa di sekolahnya.

Baca: Hebat ! Film Siko Produksi Komunitas Film Kupang Masuk Nominator Piala Citra

Menurutnya, lomba tersebut sangat positif bagi pengembangan diri siswa terutama bakat dan minatnya di bidang bahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Kepala SMAK Frateran Ndao, Fr. Wiliam Satel Sura, BHK, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada para siswa yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Bulan Bahasa di SMAK Frateran Ndao Ende.

"Ini bukan soal menang dan kalah, namun yang paling utama adalah para siswa diajak untuk lebih mencintai literasi serta tumbuhnya rasa nasionalisme di kalangan siswa di tengah serbuan berbagai pengaruh dari luar, " kata Fr Wiliam. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved