Berita Tamu Kita

Bupati Sumba Tengah, Drs.Umbu Sappi Pateduk : Perjuangan Belum Usai

Tongkat kepemimpinan Sumba Tengah akan beralih ke bupati dan wabup periode 2018-2023, Drs.Paulus SK Limu-Ir.Daniel Landa.

Bupati Sumba Tengah, Drs.Umbu Sappi Pateduk : Perjuangan Belum Usai
IST

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Tidak terasa masa kepemimpinan Bupati Sumba Tengah, Drs.Umbu Sappi Pateduk bersama pasangannya Wakil Bupati Umbu Dondu, BBA, berakhir hari Sabtu, 3 November 2018. Selama 10 tahun, keduanya memimpin Sumba Tengah semenjak tahun 2008 berjalan cukup harmonis.

Selanjutnya tongkat kepemimpinan Sumba Tengah akan beralih ke tangan bupati dan wakil bupati periode 2018-2023, Drs.Paulus SK Limu-Ir.Daniel Landa.

Ada keberhasilan, ada pula kekurangan bahkan mungkin masih ada yang belum terlaksana selama 10 tahun memimpin Sumba Tengah. Namun, perjuangan sebagai seorang pemimpin tak berhenti sampai di situ. Kini, Drs.Umbu Sappi Pateduk telah memutuskan terjun ke panggung politik nasional dengan mencalonkan diri sebagai salah satu anggota DPR RI.

Baca: JTBC Rilis Poster Drama Korea Terbaru Clean With Passion For Now, Intip Pose Manis Kedua Pemain

Baginya, perjuangan membangun Sumba Tengah khususnya dan NTT umumnya belum usai. "Saya ingin membangun daerah pinggiran NKRI dari NTT menuju NKRI yang utuh dan harmonis," ujarnya saat ditemui belum lama ini. Berikut perbincangannya dengan Wartawan Pos Kupang, Petrus Piter.

Bagaimana suka duka Anda mengawali kepemimpinan di Sumba Tengah mengingat daerah itu baru mekar dari Kabupaten Sumba Barat tahun 2007.
Bagi saya menjadi pemimpin itu harus selalu siap di mana dan kapan saja. Menjadi pemimpin harus secara tulus ikhlas dan totalitas mencurahkan perhatian membangun Sumba Tengah. Memang benar, mengawali pemerintahan di Kabupaten Sumba Tengah serba kekurangan baik gedung perkantoran, SDM maupun fasilitas pendukung lainnya. Untuk mendukung jalannya roda pemerintahan Kabupaten Sumba Tengah, kami menggunakan salah satu gedung sekolah, sebagai pusat perkantoran dan beberapa gedung milik pemerintah eks Sumba Barat yang ada di Sumba Tengah dan menyewa beberapa rumah penduduk setempat.

Sebagai daerah otonom baru tentu mengalami keterbatasan anggaran. Bagaimana Aanda mendapatkan anggaran untuk bangun pusat perkantoran di Makatul?
Terus terang saja dana memang terbatas. Karenanya strategi kami adalah membangun gedung kantor secara bertahap. Pembangunan gedung kantor tidak bisa sekaligus karena anggaran selain membayar gaji aparatur pemerintah juga pembangunan bagi masyarakat Sumba Tengah. Tapi itulah pengalaman tak terlupakan, membangun daerah dari nol hingga berubah seperti sekarang. Ada kepuasan sendiri meskipun belum sepenuhnya memuaskan seluruh masyarakat Sumba Tengah.

Baca: Sedikit Peserta Penuhi Passing Grade di Malaka! Ini Tanggapan Kepala BKPSDM

Bagaimana perasaan Anda mengingat masa kepemimpinan berakhir 3 November 2018?
Bagi saya itu hal biasa saja. Sebagai seorang pemimpin harus sungguh-sungguh mempersiapkan diri dengan baik selama memimpin maupun setelah memimpin.
Setiap pemimpin harus menyadari hal itu dan ikhlas menerima semua yang terjadi.

Bagaimana persiapan Anda memasuki masa akhi tugas sebagai bupati Sumba Tengah?
Saya tidak mempersiapkan hal khusus. Bagi saya, hal itu biasa saja. Saya justru sedang giatnya mempersiapkan diri menghadapi pemilu legislatif 2019 mendatang.

Apakah motivasi Anda terjun ke panggung politik legislatif nasional?
Keputusan tersebut diambil setelah melalui sebuah perenungan mendalam, matang dan atas persetujuan keluarga. Keputusan tersebut diambil bukan mau menambah daftar riwayat hidup atau menginginkan gaji yang tinggi, tetapi sungguh-sungguh menyadari perjuangan membangun Sumba Tengah khususnya dan NTT umumnya belum finish. Perjuangan untuk berbuat banyak bagi orang lain sepenuhnya masih jauh dari harapan segenap rakyat NTT. Karenanya, saya ingin mengabdikan diri membangun dari NTT untuk NKRI yang utuh dan harmonis. Hal itu tidak berarti selama ini tidak ada pembangunan. Membangun demi pemerataan dan keadilan menjadi PR bersama rakyat NTT mendapatkannya.

Halaman
12
Penulis: Petrus Piter
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved