Berita TTS

Bawaslu TTS Temukan APK Caleg Dipasang Tak Sesuai Zona

menyayangkan masih adanya spanduk dan baliho caleg yang dipasang di atas pohon dan di luar zona yang sudah ditentukan.

Bawaslu TTS Temukan APK Caleg Dipasang Tak Sesuai Zona
POS KUPANG.COM/DION KOTA
suasana pertemuan KPU, Bawaslu dan perwakilan Parpol terkait pengadaan APK. 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Bawaslu Kabupaten TTS menemukan alat peraga kampanye ( APK ) para calon legislatif ( Caleg) yang dipasang tidak sesuai zona yang sudah ditentukan pemda TTS. Selain dipasang tidak sesuai zona, APK yang dipasang didisein tidak sesuai dengan aturan yang termuat dalam PKPU Nomor 23.

Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Melky Fay saat menghadiri sosialisasi pengadaan APK yang digelar KPU Kabupaten TTS dan dihadiri perwakilan partai politik (Parpol), Senin ( 5/11/2018) di kantor sekertariat KPU Kabupaten TTS.

Melky menyayangkan masih adanya spanduk dan baliho caleg yang dipasang di atas pohon dan di luar zona yang sudah ditentukan.

Pasalnya, selain melanggar aturan, pemasangan APK yang tidak sesuai zonasi, membuat wajah Kota Soe menjadi sembraut dengan APK caleg.

Oleh sebab itu, dirinya meminta para pimpinan Parpol untuk bisa menertibkan calegnya agar dalam memasang APLK disesuai dengan zona dan PKPU Nomor 23.

" Kita sayangkan sekali kenapa gambar calon legislatif kita yang terhormat kok menggantung di atas pohon. Sudah begitu, disein spanduk atau balihonya tidak sesuai dengan aturan yang ditentukan lagi. Inikan tidak baik. Jadi tolong pimpinan Parpol tertibkan para Calegnya," pinta Melky.

Mulai pekan depan lanjut Melky, dirinya akan berkoordinasi dengan Polres TTS dan Satpol PP untuk menertibkan APK yang masih dipasang di luar zona dan diseinnya tidak sesuai aturan. Hal ini dimaksudkan untuk menegakkan aturan sekaligus menjaga keindahan tata kota. Ia menegaskan, tidak akan tembang pilih dalam melaksanakan operasi penertiban.

" Kalau APK yang tidak sesuai regulasi silakan di pasang di halaman rumah masing-masing saja. Jika tidak, kita akan tertibkan," tegas Melky.

Ketua KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala menegaskan, KPU RI telah mengalokasikan anggaran senilai 300 juta lebih untuk pengadaan baliho dan spanduk pasangan calon presiden dan wakil presiden dan juga Parpol untuk pemilu 2019 mendatang.

Oleh sebab itu, dirinya meminta Parpol segera memasukan disein Baliho dan spanduk sesuai dengan PKPU Nomor 23. Setiap Parpol, akan dibantu dengan pengadaan 10 spanduk dan 10 Baliho.

" Kita berharap Parpol bisa proaktif untuk segera memasukan disein baliho dan spanduknya sehingga bisa segera kita lakukan pengadaan. Kita tegaskan, disein harus sesuai dengan PKPU Nomor 23," pintanya. ‎(*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved