Berita Ekonomi Bisnis

Agar Merdeka Dari Ijon, Ini Yang Dilakukan Bank NTT Kepada Petani Kopi di Colol

Bank NTT beri kredit kepada PEtani Kopi di Colol. Tujuannyameningkatkan kesejahteraan petani kopi agar bisa merdeka dari praktik ijon

Agar Merdeka Dari Ijon, Ini Yang Dilakukan Bank NTT Kepada Petani Kopi di Colol
Bank NTT Cabang Borong sudah dua tahun mendampingi 20 petani kopi di Kampung Colol, Desa Colol, Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kabupaten Manggarai Timur (Matim). 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM | BORONG-Bank NTT Cabang Borong sudah dua tahun memberi jaminan modal usaha kepada 20 petani kopi di Kampung Colol, Desa Colol, Kecamatan Poco Ranaka Timur, Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Pendampingan berupa pemberian kredit ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani kopi agar bisa merdeka dari praktik ijon yang bertahun-tahun dilakukan para tengkulak di daerah itu.

"Tujuan kita sederhana, petani harus sejahtera. Selama ini petani kopi masih terlilit ijon, sehingga kita dampingi petani dengan memberikan modal usaha," kata Pimpinan Cabang Bank NTT Borong, Johannis Tadoe, Kamis (1/11/2018).

John menjelaskan, pendampingan petani kopi memang masih mengalami kendala. Namun, pihaknya akan terus memberikan pendampingan kepada petani.

Baca: Anda Perlu Tahu, Sisi Gelap Para Model Victorias Secret yang Tampil Sempurna di Atas Runway

Baca: Tiga Polisi Ditangkap Karena Memperkosa Seorang Polwan, Begini Modusnya

"Kami siap bantu petani kopi agar bebas dari ijon. Intinya petani di desa sejahtera dan bebas dari ijon. Di Bank NTT ada kredit bagi usaha masyarakat untuk meningkatkan ekonomi petani. Saya senang karena di Colol sudah ada petani yang kami dampingi selama dua tahun. Kami akan terus dampingi mereka. Petani kopi di Matim yang mau buka usaha kami siap bantu. Kehadiran kami untuk memajukan ekonomi petani," kata John.

Manajemen Bank NTT Cabang Borong memberi modal usaha dan mendampingi 20 petani kopi di Colo, karena tergugah selama bertahun-tahun para petani kopi di desa itu dililit persoalan ijon.

Baca: Bulan November 2018, 3 Zodiak Ini Bakal Bahagia Dan Beruntung, Kamu Termasuk?

Baca: Rp 13 Miliar Tata Lapangan Pasola Pahola Sumbar

Ijon yang dilakukan tengkulak pemilik modal membuat petani kopi di Colol tidak berkembang karena harus membayar bunga yang besar kepada tengkulak dari hasil panen kopi.

Sebelum panen, kopi yang akan dipanen sudah dijual kepada para tengkulak.
Para petani kopi menanam tapi hasilnya tidak pernah dinikmati petani, karena terjerat sistem ijon.

Kehadiran Bank NTT di Colol membuat Kepala Desa Colol, Valentinus Tombor, senang ketika menerima kunjungan Pimpuinan Cabang Bank NTT Borong, Johannis Tadoe, dan rombongan, Rabu (1/11/2018).

Halaman
12
Penulis: Aris Ninu
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved