Berita Manggarai

Bawaslu Manggarai Gelar Rakernis di Aula Efata! Ini Tujuannya

Bawaslu Manggarai menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) Kampanye selama tiga hari dari tanggal 1-3 November 2018 di Aula Efata Ruteng.

Bawaslu Manggarai Gelar Rakernis di Aula Efata! Ini Tujuannya
POS KUPANG.COM/ARIS NINU
Peserta Rakernis Bawaslu Manggarai di Aula Efata Ruteng dalam rangka pengawasan pemilu, Jumat (2/11/2018) siang.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG- Bawaslu Manggarai menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) Kampanye selama tiga hari dari tanggal 1-3 November 2018 di Aula Efata Ruteng.

Rakernis dalam rangka pengawasan kampanye diharapkan bisa membuat bawaslu fokus mengawasi pelaksana kampanye yang berlangsung cukup lama ini.

Pantauan POS-KUPANG.COM di Aula Efata Ruteng, Jumat (2/11/2018) siang, peserta rakernis adalah anggota pengawas pemilu dari 12 kecamatan. Selain anggota panwascam, hadir juga para kepala kesekretariatan dan sejumlah ASN yang bertugas di Kantor Panwascam.

Baca: Pengadaan Rompi! DPRD NTT Sebut Sebagai Shock Terapi

Ketua Bawaslu Manggarai, Marselina Lorensia, dalam saat rakernis mengatakan, rapat ini dijalankan dalam rangka meningkatkan sumber daya dan kapasitas pengawas di tingkat kecamatan.

Selain itu,pengawas kecamatan yang merupakan ujung tombak dilapangkan yang dibantu pengawas desa/kelurahan harus bekerja ekstra dalam mengawasi masa kampanye yang waktunya cukup panjang.

"Kampanye sudah berjalan dan pengawasan sangat maksimal. Dengan Rakernis seperti ini bisa meningkatkan kapasitas dalam pengawasan kampanye"ujarnya.

Sementara itu, Kordinator divisi Pengawasan,Hubungan Antara Lembaga dan Humas, Herybertus Harun, menjelaskan, kegiatan rakernis dilaksanakan selama tiga hari agar pengawas dibekali dengan sejumlah materi seperti penanganan pelanggaran pemilu, pengawasan kampanye dan beberapa lainnya.

Bawaslu Manggarai juga, kata Hery, dalam rakernis ini akan melakukan evaluasi pelaksanaan kampanye baik itu metode rapat terbuka, rapat terbatas, pemasangan APK, bahan kampanye, kampanye media sosial dan beberapa lainnya termasuk pencermatan DPT hasil perbaikan yang sementara berlangsung.

"Kita dalami materi pengawasan kampanye,selain itu juga evaluasi pelaksanaan kampanye guna melihat kendala dan tantangan selama hampir 38 hari berjalan," kata Hery.

Halaman
12
Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved