Berita Internasional

Topan Picu Tanah Longsor! 31 Orang Terperangkap dan 4 Tewas

Sebanyak empat orang meninggal dan sedikitnya 31 orang terperangkap pada Selasa (30/10) akibat tanah longsor di kawasan pegunungan Filipina,

Topan Picu Tanah Longsor! 31 Orang Terperangkap dan 4 Tewas
(REUTERS/Bobby Yip)
Gelombang tinggi mengenai pinggir pantai di Heng Fa Chuen, wilayah pemukiman dekat tepi laut, saat Topan Mangkhut melanda Hong Kong, China, Minggu (16/9/2018). 

POS KUPANG.COM -  Sebanyak empat orang meninggal dan sedikitnya 31 orang terperangkap pada Selasa (30/10) akibat tanah longsor di kawasan pegunungan Filipina, kata pejabat, sementara Topan Yutu melanda negara itu dengan membawa angin kencang dan hujan.

Yutu, topan ke-18 yang melanda Filipina tahun ini, menyapu pulau utama Luzon dengan kecepatan angin mencapai 140 km per jam sebelum bergerak menuju barat di atas Laut China Selatan, menurut badan negara pemantau cuaca.

Baca: Begini Kronologis hingga Kebakaran di Kawasan Danau Rana Tonjong

Baca: Dukung Gubernur NTT! DPRD Minta Pemkab Sumba Tengah Bentuk Unit Khusus Tangani Kebersihan


Jalan-jalan raya yang terhalang longsoran tanah dan benda-benda lain menyebabkan tim-tim pertolongan terhambat sampai ke tempat 31 orang yang terperangkap tanah longsor Selasa sore, kata pihak berwenang setempat. Gedung pemerintah lokal yang berada di Provinsi Mountain juga terkena dampak tanah longsor.

Tanah longsor juga terjadi di Provinsi Ifugao, dekat provinsi itu, dan seorang pria berusia 48 tahun serta tiga anak-anak berumur antara 8 dan 11 tahun meninggal, menurut laporan polisi.

Topan itu, yang pihak berwenang Filipina diberi nama Rosita, datang enam jam setelah topan super Mangkhut membawa hujan deras ke Luzon, menyebabkan puluhan tanah longsor yang membunuh lebih 70 orang di kawasan pegunungan Cordillera.

Ribuan orang yang berada di jalur topan dievakuasi sebelum badai melanda dari kawasan perbukitan, pesisir dan yang memiliki banyak sungai pada Senin setelah peringatan akan terjadi tanah lonsor dan gelombang pasang dikeluarkan. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved