Berita Sumba Barat

Akhiri Mogok! Sopir Bus di Sumba Barat Kembal Beroperasi

Para sopir bus angkutan penumpang jurusan Waikabubak, Sumba Barat menuju Weetabula, Sumba Barat Daya dan sebaliknya

Akhiri Mogok! Sopir Bus di Sumba Barat Kembal Beroperasi
POS KUPANG.COM/PETRUS PITER
Suasana Terminal Weekarou, sepi, Foto Rabu (31/10/2018) 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM/WAIKABUBAK---Para sopir bus angkutan penumpang jurusan Waikabubak, Sumba Barat menuju Weetabula, Sumba Barat Daya dan sebaliknya kembali beroperasi, Rabu (31/10/2018).

Kondisi yang sama juga terjadi angkutan pedesaan jurusan Waikabubak, Sumba Barat menuju Elopada, Sumba Barat Daya dan sebaliknya juga kembali berjalan normal, Rabu.(31/10/2018)

Baca: Polres Sumba Timur Resmi Gelar Operasi Zebra

Beberapa sopir bus angkutan penumpang yang ditemui pos kupang, Rabu (31/10/2018) diantaranya Vinsen, Bulu Ngongo dan David Kaka, mengatakan, aksi yang dilakukan selama beberapa hari terakhir itu merupakan bentuk protes para sopir atas larangan pemerintah Kabupaten Sumba Barat memasuki Kota Waikabubak.

Para sopir hanya diperbolehkan menurunkan dan menaikan penumpang di terminal Weekarou. Kondisi itu sangat merugikan sopir karena pendapatan sopir menurun. Bahkan petugas juga melarang sopir pergi ke kota walau hanya ingin mencari makan di warung.

Sementara di Terminal Weekarou itu tidak tersedia warung, kios dan lain-lain. Terminal itu berada ditengah padang yang sepih.

Karena itu, ketiganya meminta pemerintah meninjau kembali keputusan itu, minimal secara bertahap berlaku tanpa mutlak 100 persen. Apalagi secara teknis pemerintah juga belum siap.

Masa sopir bus sepanjang saat hanya menunggu penumpang di terminal, tak bisa makan dan minum karena berada ditengah padang tanpa ada kios dan warung makan. Pemerintah juga harus bijaksana menerapkan peraturan agar tidak merugikan para sopir.

Kami juga ingin mencari makan sama dengan lainnya. Karenanya berlakulah yang adil.

Seperti disaksikan pos kupang, Rabu (31/10/2018), nampak beberapa angkutan menurunkan penumpang di km 3, dekat lampu merah jalan menuju Weekarou. Sementara beberapa bus lainnya menurunkan penumpang di Pasar Weekarou bukan diterminal. Hal itu karena tidak ada petugas jaga di Terminal Weekarou. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved