Berita Tamu Kita

Don Gaspar Mikel da Costa : Tiga Kali jadi Kepala Humas Polisi UNMISS

Lelaki kelahiran Noemuti, Kabupaten TTU, tanggal 13 April 1971, ini bernama lengkap AKBP Don Gaspar Mikel da Costa.

Don Gaspar Mikel da Costa : Tiga Kali jadi Kepala Humas Polisi UNMISS
ist

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Paul Burin

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Berbagai tugas dan pengalaman telah ia emban dan jalankan baik dalam dan luar negeri.

Pengalamannya itu segudang bahkan mendapat kepercayaan tak kecil, yakni sebagai komandan kontingen sebanyak tiga kali pasukan perdamaian PBB ke beberapa negara yang mengalami konflik.

Lelaki kelahiran Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), tanggal 13 April 1971, ini bernama lengkap AKBP Don Gaspar Mikel da Costa.

Baca: Apel HUT ke-90 Sumpah Pemuda Tingkat Provinsi NTT Digelar di Depan Gedung Sasando

Seperti apa pandangan dan pikirannya, berikut petikan wawancara Wartawan Pos Kupang, Paul K Burin dengannya beberapa waktu lalu.

Lima kali Anda mengemban tugas negara dalam misi perdamaian PBB. Bisa Anda ceritakan pengalaman- pengalaman itu?

Saya menyampaikan terima kasih kepada negara yang telah memberi kepercayaan kepada saya untuk mengemban misi perdamaian PBB di Bosnia (1998-1999), Sudan (2007-2010), Sudan Selatan 2012-2013, 2014-2015 dan terakhir 2016-2017.
Selama bertugas di sana saya merasa senang sekaligus bangga. Di sisi lain tetap menjaga kredibilitas dan reputasi Indonesia di mata dunia internasional.

Anda juga berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia internasional sebagai Kepala Humas untuk pasukan PBB di Sudan Selatan atau UNMIS (United Nations Mission in Sudan) selama tiga kali. Jabatan ini setingkat Kepala Divisi Humas di Polri. Bisa Anda ceritakan?

Baca: Apel HUT ke-90 Sumpah Pemuda!- Wagub NTT Ingatkan ASN Soal Disiplin Waktu

Saya mengawali tugas pertama ke Afrika ketika lulus tes pada Februari 2007. Dari 57 peserta, saya termasuk 12 orang yang lulus untuk ke United Nations Mission in Sudan (UNMIS).
Saya berangkat ke Sudan sebagai anggota kontingen Garuda Bhayangkara Polri. Di sana, saya lulus tes kompetensi dan menjadi kepala Humas Polisi UNMIS menggantikan mantan atasan saya, Mayor Rghodora Maylas dari Filipina. Dialah yang banyak membimbing dan meletakkan ilmu kehumasan bagi saya. Saya patut menyampaikan terima kasih kepadanya. Jasanya luar biasa untuk saya. Pada Agustus 2009 di Khartoum, Ibukota Sudan, saya juga lulus pendidikan menjadi penguji calon polisi PBB. Dan, saya punya peluang untuk ke negara negara lain sebagai penguji.

Seperti apa suasana batin Anda ketika terpilih menjadi Kepala Humas Polisi UNMIS?
Bersyukur kepada Tuhan.

Halaman
1234
Penulis: Paul Burin
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved