Berita NTT

Warga Kabupaten Lembata Urutan Kedua Tertinggi Konsumsi Ikan di Provinsi NTT

Kabupaten Lembata berada pada posisi tertinggi kedua di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam persentase warga mengonsumsi ikan

Warga Kabupaten Lembata Urutan Kedua Tertinggi Konsumsi Ikan di Provinsi NTT
POS-KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi NTT, Ny. Julie Sutrisno Laiskodat memberikan ikan hasil olahan kepada anak-anak, ibu menyusui dan ibu hamil di Desa Meluwiting, Kabupaten Lembata, Jumat (26/10/2018). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA -- Kabupaten Lembata berada pada posisi tertinggi kedua di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam persentase warga mengonsumsi ikan. Urutan pertama adalah Kota Kupang.

"Dari aspek persentase, Kabupaten Lembata berada pada urutan kedua setelah Kota Kupang, ditilik dari kebiasaan warga mengonsumsi ikan. Ini tentunya hal yang baik bagi masyarakat."

Demikian Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Probinsi NTT, Ganef Wurgianto saat memberikan sambutan pada acara Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, di Desa Meluwiting, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Jumat (26/10/2018).

Hadir pada acara tersebut, Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur, Ketua Dharma Wanita Provinsi NTT, Julie Sutrisno Laiskodat, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lembata, Mahmud Rempe serta pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata lainnya.

Dikatakannya, meski tingkat konsumsi ikan masyarakat relatif tinggi, bukan berarti kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan dikurangi atau tak perlu dilakukan di daerah ini. Bagi pemerintah, dorongan kepada masyarakat untuk selalu mengonsumsi ikan itu harus terus dilakukan sampai kapan pun.

Semakin banyak mengonsumsi ikan, lanjut Ganef, itu akan lebih baik. Sebab ikan memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa.

Makin banyak mengonsumsi ikan tingkat kecerdasan seseorang juga akan semakin baik. Apalagi yang banyak mengonsumsi ikan adalah anak-anak generasi penerus bangsa.

Oleh karena itu, lanjut Ganef, masyarakat di NTT umumnya dan Lembata khususnya, jangan sekali-kali meninggalkan ikan. Jangan sekali-kali berhenti mengonsumsi ikan. Sebab mengonsumsi ikan itu memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Lantaran masyarakat Lembata terdata sebagai kabupaten tertinggi kedua di NTT dalam hal mengonsumsi ikan, maka sebagai bentuk apresiasi, pemerintah provinsi akan memberikan perhatian khusus kepada daerah ini.

"Kami akan memberikan perhatian khusus ke Lembata. Perhatian itu akan kami lakukan untuk masyarakat di Balauring. Sebab orang Balauring itu memberikan kontribusi cukup besar tidak hanya dalam hal penangkapan ikan, tetapi juga mengonsumsi ikan," ujar Ganef disambut aplaus meriah para peserta. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved