Berita Kesehatan

Pola Hidup Sehat Ini Bisa Ditiru Agar Terhindar dari Kanker

Banyak dari kita pasti melakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit.

Pola Hidup Sehat Ini Bisa Ditiru Agar Terhindar dari Kanker
ILS

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Banyak dari kita pasti melakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Ternyata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari kanker sejak dini.

Natarini Setianingsih, penyintas kanker ganas leukemia membagikan tips menjaga pola hidup sehatnya agar tak kembali mudah terserang kanker.
Pertama yang harus diperhatikan ialah jaga asupan makanan kita. "Sangat penting untuk menjaga asupan makanan, pilihlah makanan yang sehat," katanya.

Rini (sapaan akrabnya) mengidap penyakit kanker saat berusia 12 tahun. Sebelum terdiagnosa kanker, ia sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Baca: Seluruh Pensiunan Wajib Daftar Ulang Identitas Diri, Mulai Berlaku 1 November 2018

"Karena dulu tuh saya, tiap hari makannya mie, baik itu mie ayam, mie instan, bakso, jadi tidak ada kadar sayuran atau buah yang saya konsumsi. "Saya sih merasa pola hidup saya dulu tidak sehat," ujarnya.

Selain perhatikan makanan apa saja yang harus dijauhi, Rini menyarankan agar rajin konsumsi buah dan sayur. "Jadi saya jaga makanan dengan memperbanyak makan sayur, buah, jus sayur, jus buah, smoothies juga sering saya bikin," terangnya.

Ia senang mencampurkan aneka buah dan sayur untuk dijadikan makanan sehatnya.
"Saya pakai wortel, campuran bayam, brokoli, lemon dan pisang dicampurkan. Biar lebih sehat jangan juga menambahkan gula pada jus yang kita buat," sarannya.
Sarapan sereal, imbuhnya, oatmeal atau makanan dengan bahan dasar gandum itu juga baik untuk tubuh kita.

Baca: Hari Ini Bapekdiklat TTU Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS

Selain itu, perempuan 34 tahun ini mengaku tak pernah meninggalkan kegiatan rutin untuk berolahraga. "Sekarang umur segini kalau saya tidak olahraga badan saya merasa tidak enak dan tidak fit. Olahraga yang sering dilakukan biasanya bersepeda atau berlari," ujarnya. Tak ada salahnya untuk kita mengikuti tips menjaga pola hidup sehat ala Rini ini. (*)

Penulis: PosKupang
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved