TTU Peringkat Lima HIV/AIDS di NTT , Ini Jumlahnya

Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terus meningkat dari tahun ke tahun.

TTU Peringkat Lima HIV/AIDS di NTT , Ini Jumlahnya
google
HIV 

POS KUIPANG.COM, KEFAMENANU -- Jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2016 jumlah penderita 254 orang. Jumlah ini meningkat pada tahun 2017 mencapai 380 orang. Pada tahun 2018, meningkat lagi menjadi 410 orang.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) TTU, dr. Rienarmy Satriany Usfinit, MPH, di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Timor, Sabtu (20/10/2018) siang, mengakui data jumlah penderita HIV/AIDS di TTU adalah data kumulatif dari tahun ke tahun.

"Bukan tahun per tahun karena dampak HIV itu tidak berhenti pada orang meninggal dunia. Jadi, setiap tahun terus bertambah. Sekarang ini ada 410 orang. Pertama cuma 11 orang. Tahun 2016 ada 254 orang, tahun 2017 sebanyak 380 orang," ungkapnya.

Rienarmy mengaku penting memberikan informasi HIV/AIDS kepada anak muda serta masyarakat luas karena TTU berada di urutan kelima penderita terbanyak HIV di NTT. "TTU berada di wilayah kristis di perbatasan dengan Timor Leste," ungkapnya.

Rienarmy menyebut masalah lain sehingga jumlah penderita HIV/AIDS di TTU terus bertambah karena kesadaran para penderita melakukan pengobatan masih sangat rendah.

"Yang susahnya itu kesadaran berobat masih rendah. Kita menggerakkan puskesmas mencari pendamping dan kita membangun organisasi atau wadah pedulh AIDS untuk melakukan penjaringan, penjangkauan, pendampingan dan pengobatan," tegasnya.

Rienarmy mengakui Pemkab TTU memberikan perhatian khusus terhadap masalah penanggulangan dan penegahan HIV/AIDS karena menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan di suatu daerah. Hal itu dibuktikan dengan pengalokasian anggaran untuk KPA TTU. (mm)

Tags
HIV
AIDS
TTU
Editor: Alfred Dama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved