Berita Kabupaten Belu

Lahan Bawang Merah di Kecamatan Kakuluk Mesak-Belu Sudah 14 Hektare

Usaha pengembangan bawang merah di Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi NTT mencapai 14 haktare

Lahan Bawang Merah di Kecamatan Kakuluk Mesak-Belu Sudah  14 Hektare
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Anggota Poktan Mane Bala, di Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu saat panen bawang merah, Jumat (19/10/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS - KUPANG.COM|ATAMBUA--Usaha pengembangan bawang merah di Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi NTT mencapai 14 haktare. Dari jumlah tersebut, lima hektare sudah panen dan sisanya masih belum panen.

Dari luas lahan 14 hektare, 13 hektare mengembangkan bawang merah varietas tuk tuk dan satu hektare varietas loka nanta.

Hal itu dikatakan Koordinator PPL Kecamatan Kakuluk Mesak,
Marselinus Heuk kepada Pos Kupang.Com, Sabtu (20/10/2018). Menurut Marselinus, luas lahan pengembangan bawang merah di Kecamatan Kakuluk Mesak sudah mencapai 14 hektare sejak dimulainya usaha bawang tahun 2016 lalu.

Hasil produksi bawang merah tahun 2016 dan 2017 pernah diekspor ke Timor Leste sedangkan tahun 2018 belum diekspor. Hasil produksi tahun 2018 hanya memenuhi permintaan pasar di Kabupaten Belu.

Marselinus mengatakan, usaha pengembangan bawang merah di wilayah tugasnya masih terus dilakukan oleh kelompok petani. PPL yang berjumlah tujuh orang terus memberikan pendampingan kepada kelompok tani.

Marselinus menilai, petani bawang di Kecamatan Kakuluk Mesak sangat antusias untuk membudidaya bawang merah. Selain bawang mereka melakukan usaha sayur sayuran, terutama di Desa Kabuna. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved