Opini Pos Kupang

Napas Caci Lenyap di Pantai Pede

Caci adalah atraksi budaya khas Manggarai Raya, yang kini meliputi tiga kabupaten.

Napas Caci Lenyap di Pantai Pede
POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS
Tarian Caci di lokasi Festival Komodo, Rabu (7/3/2018). 

Oleh Frans Sarong
Penulis Buku Serpihan Budaya NTT, 2013, pensiunan wartawan Kompas

POS-KUPANG.COM -- Caci adalah atraksi budaya khas Manggarai Raya, yang kini meliputi tiga kabupaten. Selain induknya, Manggarai, dua kabupaten mekarannya adalah Manggarai Barat (2003) dan Manggarai Tumur (2007).

Seluruh warga tiga kabupaten itu -bahkan hingga kawasan Riung (wilayah bagian utara Kabupaten Ngada) -adalah ahli waris caci.

Baca: TONTON SEKARANG Timnas Indonesia Vs Hongkong Piala AFF 2018, Indonesia Sudah Unggul

Baca: Ramalan Zodiak Rabu 17 Oktober 2018: Aries Siap Kecewa, Cancer Bakal Dapat Kabar Bahagia!

Baca: Penggemar Drama Korea, Intip 10 Drakor Yang Bakal Tayang Bulan Oktober 2018

Baca: 11 Musisi Internasional ini Ingin Kolaborasi dengan BTS, Ada yang Minta Jadi Member ke-8!

Selain mengelegar suasananya, aksi caci juga mendebarkan, terutama sejak lepas siang hingga tetua melemparkan tikar kumal ke tengah arena sebagai pertanda atraksi berakhir, sekitar pukul 17.00 petang.

Betapa tidak! Aksinya yang melibatkan sejumlah pasangan lelaki dewasa, secara bergantian saling cambuk sekuat tenaga. Alat pukulnya berupa pecut dari pilinan kulit kerbau yang sudah mengering.

Khusus di Manggarai Tumur bagian selatan, ujung pilinan cemeti masih disambungkan lagi dengan lidi atau pori segar. Akibanya, guratan luka disertai darah segar mengucur, tentu saja menjadi risiko lumrah bagi pelaga yang tak tangkas menangkis.

Di Manggarai Barat yang memiliki obyek wisata terkenal, Taman Nasional Komodo, sejak lama terbentuk sejumlah sanggar budaya. Caci adalah atraksi utama setiap sanggar, yang selalu siap pentas bagi para pelancong minat khusus.

Atraksi itu -termasuk dalam rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus -biasa dipentaskan di Pantai Pede, Labuan Bajo, kota Kabupaten Manggarai Barat. Lokasi Pantai Pede tampan memang. Letaknya di sekitar bibir pantai.

Posisinya langsung menghadap bentangan TN Komodo. Memiliki kawasan seluas 1.733 km2, TN Komodo sendiri telah menjadi situs warisan dunia (1991), lalu berhasil menembus kontestasi New7Wonders atau Tujuh Keajaiban Dunia (2011).

Status hebat itu tentu saja karena keunikannya yang tak ada duanya di dunia. Tiga pulau besar dalam kawasan TN Komodo, yakni Komodo, Rinca dan Padar, adalah habitat utama komodo, yang dalam klasifikasi ilmiahnya disebut varanus komodoensis. Binatang purba tersisa dengan rata rata panjang 2-3 meter, adalah sebangsa buaya yang hidup di daratan.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved