Berita Kota Kupang

Ratusan Siswa Ramaikan Gebyar Raudhatul Athfal

siswa terlihat begitu bersemangat mengikuti acara hingga seremonial pembukaan berakhir. Siswa diajak untuk beramai-ramai menyandungkan

Ratusan Siswa Ramaikan Gebyar Raudhatul Athfal
POS KUPANG.COM/YENI RACHMAWATI
Suasana gebyar Raudhatul Athfal (RA) di Asrama Haji Kupang, Sabtu (13/10/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG. COM | KUPANG -- 307 Siswa dari 11 Kabupaten/kota Provinsi NTT meramaikan gebyar Raudhatul Athfal (RA) di Asrama Haji Kupang, Sabtu (13/10/2018).
Ratusan peserta yang hadir ini mengikuti empat mata lomba yaitu tahfidz Qur'an, praktek sholat berjamaah, mewarnai dan peragaan busana muslim.

Disaksikan Pos Kupang, pembukaan Gebyar RA yang dilaksanakan di Aula Utama Asrama Haji Kupang dipenuhi siswa dan para guru, hingga di halaman Aula.
Berbagai tontonan menarik pun disajikan untuk menghibur para siswa agar tidak jenuh mengikuti proses acara pembukaan.

Baca: El Tari Dirgantara Road Race Championship Seri 3! Ajang Cari Bakat dan Galang Dana

Para siswa terlihat begitu bersemangat mengikuti acara hingga seremonial pembukaan berakhir. Siswa diajak untuk beramai-ramai menyandungkan lagu Deen Assalam yang dinyanyikan oleh Nissa Syaban ini.

Kegiatana yang bertemakan Mengasah Jati Diri untuk RA Hebat Bermartabat ini, dihadiri oleh Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) NTT, Drs Sarman Marselinus, Kepala Kantor Kemenag kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Pejabat eselon III pada lingkup Kanwil Kemenag dan Kasie Kurikulum RA pada Subdid Kurikulum Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Ketua Panitia, Muh Sadiq, menyanpaikan pendidikan RA di Provinsi NTT dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang begitu pesat, setidaknya ada tiga indikator yang digunakan untuk membuktikan perkembangan RA di NTT (peningkatan jumlah lembaga, jumlah siswa dan peningkatan lualitas layanan pendidikan RA). Dimana ada 124 lembaga RA dengan 6.122 siswa.

"Ditangan kitalah, nasib ribuan sisw ARA saat ini dipertaruhkan. Mulai kebijakan para pengambil keputusan pada setiap tingkatan, sentuhan lembut melalui tutur kata, tangan, pikiran dan hati para oembimbing pada setiap lembaga, sangag mewarnai masa depan mereka.

Peran orangtua dan masyarakat juga sangat berpengaruh dan bahkan menajdi penentu kebehasilan 6.122 siswa di masa mendatang. Mereka menjadi putih, kuning, biru ataupun hitan kitalah penentunya," tuturnya.

Kata Sadiq, dasar itulah Kementerian Agama melalui Bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Provinsi NTT berupaya keras dengan semua potensi dan sumber daya yang dimiliki untuk menyelenggarakan kegiatan Gebyar RA tingkat Provinsi yang pertama kali.

Kegiatan gebyar ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan dan pembelajaran RA melalui pengembangan potensi siswa baik dari aspek intelektual, emosional dan spiritual agar kelak mereka menjadi pribadi yang sehat, sportif, kreatif, inovatid dan kompetitif dalam bingkaian nilai-nilai keislaman.

Selain itu, lanjutnya, momen ini juga menjadi media silaturahmi antar sesama pembina, pengasuh, dan pengelola RA se-NTT, begitupun juga dengan para siswa dan orangtua.

"11 Kabupaten kota yang ikut kegiatan ini dari se-deratan Timor, daratan Flores seperti Lembata, Flores Timur, Ende dan Ngada. Dimana 30 peserta mengikuti tahfidz Qur'an juz 30, 98 peserta ikut praktek sholat berjama'ah, 125 peserta ikut lomba mewarnai dan 51 peserta ikut peragaan busana muslim," ujarnya.

Diakuinya kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di tingkat kanwil Kemenag NTT.
Katanya yang teristimewa adalah semua pembiayaan ditanggung oleh peserta, baik itu transportasi, konsumsi dan akomodasi ditanggung.

"Kami hanya memfasilitasi kegiatan hari ini saja," katanya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan motivasi siswa agar mereka bisa tumbuh dan berkembang secara baik serta menjadi generasi yang meneruskan cita-cita perguruan. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help