Berita Kabupaten Lembata Terkini

Pemkab Lembata Gelar Expo Uyelewun Raya

Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata akan menggelar Expo Uyelewun Raya.

Pemkab Lembata Gelar Expo Uyelewun Raya
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lembata, Apol Mayan 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata akan menggelar Expo Uyelewun Raya. Expo tersebut diselenggarakan untuk menguak pelbagai potensi yang ada di wilayah tersebut.

Uyelewun merupakan gunung tertinggi di Kedang. Di bawah kaki gunung tersebut berhimpun ribuan masyarakat yang tersebar pada 42 desa di dua kecamatan, yakni Omesuri dan Kecamatan Buyasuri.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lembata, Apol Mayan, ketika ditemui POS-KUPANG.COM di kediamannya, Minggu (14/10/2018).

Baca: La Nyalla Tinggalkan Prabowo, Pilih Dukung Jokowi di Pilpres 2019

"Dalam waktu dekat ini memang akan diselenggarakan Expo Uyelewun Raya. Expo ini sebagai media untuk menggali dan memperkenalkan semua potensi yang ada di Kedang," ujar Apol.

Dikatakannya, seluruh masyarakat di Kedang sesungguhnya berasal dari satu garis keturunan. Dari satu keturunan itu akhirnya berkembang menjadi banyak dan kini tersebar pada seluruh desa di bawah kaki gunung Uyelewun itu.

Baca: Remas Payudara Berujung Maut, Siswa SMP Ini Dibunuh Secara Sadis

Bahkan berdasarkan cerita yang dituturkan secara turun temurun, seluruh orang di dunia itu, berasal dari Uyelewun. Uyelewun merupakan tempat tinggal leluhur.

Atas dasar itulah pemerintah menggelar expo tersebut. Maksudnya melalui ivent tersebut seluruh potensi yang ada dan dimiliki masyarakat, dapat diperkenalkan kepada publik.

"Ini merupakan ivent akbar yang pertama kali diselenggarakan di Kedang. Itulah sebabnya, saat ini sudah dibentuk panitia kerja (panja) di Kedang untuk kegiatan tersebut. Tinggal sekarang dibuat semacam aneka kegiatan untuk acara tersebut," ujar Apol. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved