Opini Pos Kupang

Partisipasi Menegaskan Eksistensi Umat dan Warga Negara Indonesia

Satu kata yang tepat untuk mengisi tahun politik adalah partisipasi. Partisipasi dalam upaya mengenal figur pasangan

Partisipasi Menegaskan Eksistensi Umat dan Warga Negara Indonesia
ilustrasi 

Oleh RD Maxi Un Bria
Pimpinan Tahun Diakonat Keuskupan Agung Kupang

Hanya dengan tetap aktif yang akan membuat Anda hidup hingga seratus tahun (Pepatah Jepang)

POS-KUPANG.COM - Tahun 2018 dan tahun 2019 disebut Tahun Politik. Tahun yang menarik untuk diperhatikan dan diisi dengan aktivitas-aktivitas berpikir, berdisikusi yang pada akhirnya membantu kita menentukan sikap ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Presiden dan anggota legislatif di tingkat Nasional, DPD , Provinsi, Kota dan Kabupaten, pada momentum pemilihan serentak April 2019.

Satu kata yang tepat untuk mengisi tahun politik adalah partisipasi. Partisipasi dalam upaya mengenal figur pasangan yang akan dipilih sebagai presiden dan figur para kandidat legislatif.

Selain itu partisipasi dalam memaknai tahun politik ikut ditentukan oleh kemauan untuk mempelajari dan mengkritisi partai-partai yang ikut bertarung dalam pesta demokrasi ini.

Baca: Ramalan Zodiak Malam ini - Capricorn Memulai Proyek Baru, Sagittarius Menginspirasi

Baca: Penggemar Drama Korea, Intip 10 Drakor Yang Bakal Tayang Bulan Oktober 2018

Baca: Bikin Army Bangga, 7 Member BTS Muncul Di Sampul Majalah Time, Fotonya Malah Unik

Upaya ini penting agar partisipasi dalam mempersiapkan dan merayakan pesta demokrasi di negara Indonesia sungguh menghadirkan kegembiraan-sukacita, karena memilih figur tebaik dari partai yang dipercaya.

Keterlibatan berikut kesibukan dalam mempersiapkan dan merayakan tahun politik menjadi satu momentum yang bermakna dan berguna untuk perjalanan bangsa Indonesia.

Utamanya adalah untuk menjawabi cita-cita kemerdekaan Indonesia, mewujudkan kesejahteraan hidup bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menurut Orang Jepang, setiap ekspresi dan partisipasi yang dilakukan dengan gembira untuk mencapai tujuan hidup disebut ikigai. Ikigai adalah sebuah filosofi rakyat Jepang yang terus dihidupi dan maknai segenap rakyat sebagai jalan untuk terus beraktivitas sampai akhir hayat.

Bagi orang Jepang, ikigai telah menginspirasi banyak orang untuk selalu aktif dan berpartisipasi dalam merayakan dan memaknai kehidupan.Termasuk aktif dan berpartisipasi dalam menentukan pilihan politik.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved