Pelra Waingapu Gelap Gulita, Ini yang Ditakutkan Pedagang Kuliner

Suasana di pelataran Pelabuhan Rakyat (Pelra) Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, gelap gulita pada malam hari.

Pelra Waingapu Gelap Gulita, Ini yang Ditakutkan Pedagang Kuliner
POS KUPANG/ROBERT ROPO
Para pedagang bakso dan kuliner berjualan dalam gelap gulita di Pelra Waingapu. 

POS KUPANG.COM, WAINGAPU -- Suasana di pelataran Pelabuhan Rakyat (Pelra) Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, gelap gulita pada malam hari. Para pedagang bakso dan kuliner yang berjualan di area Pelra meminta pihak Pelindo dan KSOP Waingapu menghidupkan lampu di area itu.

Permintaan tersebut disampaikan oleh M Kadir, Siti dan sejumlah warga lainnya ketika ditemui Pos Kupang, Rabu (10/10/2018) malam.

M Kadir mengatakan, para penjual hanya mengandalkan lampuh senter dan lampu charger dari lampu tenaga surya untuk menerangi tempat jualan mereka. Sementara untuk warga yang datang ke pelabuhan itu sangat gelap gulita karena lampu di area pelabuhan itu tidak dinyalakan. "Kondisi ini sangat rawan," ujar Siti.

Sementara para pedagang yang memiliki rumah makan ikan bakar di area lapangan penumpukan Dermaga Pelindo di Pelabuhan Rakyat (Pelra) Waingapu meminta kepada pihak Pelindo Waingapu agar memperbaiki area itu agar lebih nyaman.

Pedagang setempat, Ruslan Azis, menjelaskan area lapangan penumpukan depan area rumah makan mereka kalau musim hujan becek dan tergenang air.

"Kami sudah usulkan juga ke Pelindo agar membantu angkat tanah biar kami yang ratakan di bagian yang lubang-lubang itu sehingga tidak tergenang air. Pelindo setuju tapi belum direalisasi ampai sekarang. Becek dan debu begini sangat mengganggu tamu yang mau datang makan di rumah makan kami,"ungkap Azis.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Waingapu, Rosihan Gamtjim mengaku akan menyampaikan aspirasi warga ke Pelindo Waingapu, terutama lampu di Pelabuhan Rakyat (Pelra) Waingapu yang tidak menyala pada malam hari.

Rosihan menyampaikan itu ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (11/10/2018) siang.
Rosihan mengatakan, Pelabuhan Rakyat Waingapu kewenangan pengelolaanya ada di Pelindo Waingapu sebagai mitra.

Dikatakan Rosihan, Pelabuhan Rakyat Waingapu akan dibenahi pihak Pelindo, terutama fasilitas lampu penerangan tetapi bukan tahun anggaran 2018. Termasuk membenahi jalan masuk ke Pelabuhan Waingapu yang kondisinya sudah memprihatinkan.

Rosihan juga membenarkan lampu di Pelabuhan Rakyat Waingapu pada malam hari tidak menyala sehingga kondisinya kondisinya gelap gulita. "Saya secepatnya sampaikan kepada pihak Pelindo untuk memperhatikan lampu-lampu itu agar malam hari tidak lagi gelap gulita,"pungkas Rosihan. (rob)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Alfred Dama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved