Berita Nasional

Mau Dapat Bonus Rp 200 Juta dari Jokowi, Laporkan Kasus Korupsi Di Daerahmu, Ini Syaratnya Guys

Mau dapat bonus uang Rp 200 juta dari Presiden Jokowi, laporkan kasus korupsi di daerahmu, ini syaratnya guys.

Mau Dapat Bonus Rp 200 Juta dari Jokowi, Laporkan Kasus Korupsi Di Daerahmu, Ini Syaratnya Guys
net
ilustrasi lapor korupsi 

POS-KUPANG.COM - Mau dapat bonus uang Rp 200 juta dari Presiden Jokowi, laporkan kasus korupsi di daerahmu, ini syaratnya guys.

Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2018 tentang tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Dengan PP 43/2018 tersebut, masyarakat yang memberikan informasi kepada penegak hukum mengenai dugaan korupsi akan mendapatkan penghargaan dalam bentuk piagam dan premi yang besarannya maksimal Rp 200 juta.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, 12 Oktober 2018, Pisces Sensitif, Taurus Lebih Teliti, Gemini Berbahagia

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hadiah dalam jumlah maksimal.

Pasal 17 ayat (1) PP 43/2018 menyebutkan, besaran premi diberikan sebesar dua permil (0,2 persen) dari jumlah kerugian keuangan negara yang dapat dikembalikan kepada negara.

Selanjutnya, pada Pasal 17 ayat (2) diatur, besaran premi yang diberikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) paling banyak Rp 200 Juta.

Dengan ketentuan pasal ini, maka syarat untuk mendapatkan hadiah adalah sebagai berikut:

1. Untuk mendapatkan hadiah maksimal Rp 200 juta, maka kasus yang dilaporkan adalah kasus korupsi yang kerugian negaranya mencapai Rp 100 miliar.

2. Untuk pelapor tindak pidana korupsi berupa suap, besar premi yang diberikan sebesar dua permil dari nilai uang suap dan/atau uang dari hasil lelang barang rampasan, dengan nilai maksimal hanya Rp 10 juta.

Salah satunya, mendapat penilaian dari penegak hukum. Penegak hukum akan melakukan penilaian terhadap tingkat kebenaran laporan yang disampaikan oleh pelapor dalam upaya pemberantasan atau pengungkapan tindak pidana korupsi.

Baca: Siap-Siap, Tujuh Member BTS Bakal Ikut Wajib Militer, Army Bakal Merindukan Mereka

Halaman
12
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved