Berita Kabupaten Malaka

Bupati Malaka Minta Ternak Mesti Dikandangkan

Selama ini kebiasaan yang terjadi hewan tidak dikandangkan dan dibiarkan mencari makan di padang. Sementara yang dipagar kebun

Bupati Malaka Minta Ternak Mesti Dikandangkan
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
LIAT TERNAK--Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan, Bernando Seran saat melihat usaha ternal di Dusun Boni, Desa Kakaniuk, Jumat (12/10/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG. COM, BETUN---Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran meminta kepada masyarakat Dusun Boni, Desa Kakaniuk untuk berpikir maju ke depan dengan membuat kandang hewan yang representatif.

Selama ini kebiasaan yang terjadi bahwa hewan tidak dikandangkan dan dibiarkan untuk mencari makan di padang. Sementara yang dipagar adalah kebun atau lahan.

"Saya minta kepada masyarakat untuk senantiasa berpikir maju dengan membuat kandang bagi ternak. Bukan dengan membuat pagar untuk kebun, karena jika ada kandang, hewan akan semakin dikontrol dengan baik dan makan pun akan semakin teratur," demikian dikatakan Bupati Stefanus Bria Seran ketika meninjau langsung kelompok ternak kambing di wilayah tersebut, Jumat (12/10/2018).

Orang nomor satu di Malaka ini mengatakan, hal utama yang perlu diperhatikan oleh kelompok ternak adalah pakan. Pakan harus disiapkan sehingga ternak tidak kekurangan pakan.

"Jika pemerintah sudah membantu masyarakat dan kelompok tani dengan ternak, poktan harus mampu menyediakan lahan dan pakan sebagai makanan utama bagi ternak sehingga tidak dibiarkan ternak mencari makan sendiri," ungkapnya.

Mantan Kadis Kesehatan Provinsi NTT ini mengatakan, ternak itu harus disayangi. Ternak harus dicintai dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup manusia.

"Banyak anak di Malaka yang bersekolah karen orang tuanya memelihara ternak. Dan itu sudah berlangsung bertahun-tahun hingga saat ini. Oleh karenanya harus mencintai dan menyayangi ternak karena akan memberikan penghasilan yang nyata," katanya lagi.

Sementara itu Kepala Desa Kakaniuk, Petronela Luruk menyambut baik ajakan Bupati Malaka itu dan akan menjalankannya berdasarkan ketentuan yang berlaku.

"Dalam waktu dekat saya akan rapat bersama dengan perangkat, Kepala Dusun, RT dan RW untuk membuat rancangan peraturan soal pemisahan lokasi hewan dan lokasi pertanian, untuk menindaklanjuti perintah Bupati Malaka," kata Kepala Desa dua periode ini.

Di sela-sela kunjungan ke Poktan penerima ternak itu, Bupati Malaka memberi makan kepada kambing yang ada di lokasi.

Turut dalam kunjungan itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Yohanes Bernando Seran, Kepala Dinas Pertanian Yustinus Nahak, Kepala Dinas Nakertrans Vinsensius Babu, Kepala Dinas Koperasi, Stefanus Klau, Kasat Pol PP Daniel Bria, Plt Kadis Sosial, Rofinus Seran dan para pejabat lainnya. (*/kominfo malaka).



Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved