Berita Kabupaten Sikka Terkini

Hotel dan Restoran di Maumere Wajib Tonjolkan Arsitektur Lokal dan Budaya Sikka

Arsitektur lokal, ikat tenun tradisonal dan alat musik masyarakat Kabupaten Sikka wajib ditonjolkan di hotel dan restoran di Kota Maumere.

Hotel dan Restoran di Maumere Wajib Tonjolkan Arsitektur Lokal dan Budaya Sikka
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Pantai di Desa Gunung Sari, Pulau Pemana, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, Kamis (11/10/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Arsitektur lokal, ikat tenun tradisonal dan alat musik masyarakat Kabupaten Sikka di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) wajib ditonjolkan dalam setiap tempat usaha hotel dan restoran di Kota Maumere.

"Tempo hari, hanya sebatas himbauan kepada warga yang akan berusaha di sektor pariwista supaya selalu menonjolkan unsur lokal Sikka. Namun, dalam 100 hari ke depan, Bupati Sikka akan menetapkanya dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Sikka, " kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka, Drs. Kensius Didimus, kepada POS- KUPANG.COM, Kamis (11/10/2018) di Desa Gunung Sari.

Baca: Polres TTU Bantu Pengamanan Pemungutan Suara Ulang di TTS

Kensius berada di sana bersama Bupati Sikka, Roby Idong menemani wisata Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Muhaimin Iskandar.

Kensius didampingi Kepala Bagian Humas Setda Sikka, Even Edomeko,S.Fil, mengatakan draf SK Bupati Sikka tentang penonjolan asritektur lokal, penataan lingkungan, semisal pemasangan sarung ikat tenun, gong waning dan perangkat tradisional lainnya menonjolkan ciri lokal.

Baca: Di Flotim Pelamar CPNS Sudah Mencapai 3.129 Orang

"Kami akan kumpulkan semua pengusaha hotel dan restoran di Kota Kabupaten Sikka sosialisasikan," kata Kensius.

Kensius mencontohkan pembangunan resort milik Mrs.Virgin di Gunung Sari sebagian besar menggunakan material lokal ramah lingkungan mendatangkan kesan estika tinggi.

Pembangunan resort pernah menjadi polemik antara pengusaha dan KSDA. Namun proses itu akhirnya selesai, beberaoa unit resort sudah didirikan di Gunung Sari.

"Secara berjenjang proses perizinan dan lain-lain sudah final. Lahan digunakan milik perorangan yang dijual kepada pengusaha. Pengusaha bangun resort dan sudah mulai terima tamu asing ke Gunung Sari," kata Kensius.

Hadirnya resort di Desa Gunung Sari menjadikan desa ini sebagai salah satu tepat tujuan wisatawan asing. Panoram terumbu karang menjadi surga baru diving dan snorkling wisatawan menyukai wisata bawa air. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved