Berita Kota Kupang Terkini

Gerbang Pembayaran Nasional Masih Asing di Telinga Masyarakat

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) ternyata masih asing di telinga masyarakat Kota Kupang.

Gerbang Pembayaran Nasional Masih Asing di Telinga Masyarakat
POS-KUPANG.COM/Adiana Ahmad
Seorang nasabah ketika bertransaksi menggunakan ATM di Ramayana Flobamora Mall, Kamis (11/10/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) ternyata masih asing di telinga masyarakat Kota Kupang. Alih-alih migrasi ke ATM GPN, manfaat dan fungsinya saja mereka tidak tahu

Gerbang Pembayaran Nasional? Terus terang saya saja baru dengar," kata Manager Ramayana, Roby Kase ketika ditemui di Pusat Perbelanjaan Ramayana Flobamora Mall, Kamis (11/10/2018).

Roby mengaku, dirinya benar-benar asing dengan kartu GPN karena memang belum pernah disosialisasikan oleh perbankan. Roby juga mengaku, selama ini belum ada masalah dengan system pembayaran menggunakan kartu debit di Ramayana.

Baca: Bocah 7 Tahun di Belu Ditabrak Sapi, Kepalanya Luka Robek, Kondisinya Menyedihkan

"Memang belum ada masalah atau para pengguna kartu debit belum migrasi ke kartu GPN. Saya juga belum tahu," ungkap Robby.

Beberapa pengguna ATM yang ditemui di ATM Center Flobamora Mall, mengungkapkan hal yang sama.

Baca: Siswa SMP di Ruteng Temukan Kerangka Manusia di Hutan Tenda

"ATM GPN? Apa itu. Manfaatnya apa, kalau tidak migrasi dampaknya apa? Tukarnya ke mana, apa syaratnya?" tanya Fitri dan Vivin, mahasiswa pasca sarjana Program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Cendana Kupang di ATM Center Flobamora Mall, Kamis siang.

Ekspresi bingung juga ditunjukan Agus, pengguna ATM BRI. Pria asal Alor itu mengungkapkan, pernah mendengar tentang GPN namun dirinya belum tahu manfaat dari kartu tersebut.

"Pernah dengar. Tapi belum tahu manfaatnya. Saya belum ganti kartu ATM karena belum sempat. Kita orang kecil ini mana sempat urus itu," kata Agus.

Ada juga masyarakat yang memang berniat mengganti kartu ATM ke kartu GPN. Tapi bank belum siap. Seperti seorang nasabah BNI yang hendak mengganti kartu ATM Debet ke Kartu berlogo GPN di BNI Unit Kuanino, Kamis Siang. Ternyata persediaan kartu berlogo GPN di bank tersebut tidak ada.

Menurut informasi, kartu GPN mesti di order terlebih dahulu dan dalam jangka waktu satu bulan kartu itu baru bisa terealisasi. Namun ada alternatif yang ditawarkan oleh BNI.Masyarakat bisa menukarkan ATM ke Kartu berlogo GPN langsung di Kantor BNI Cabang Kupang di Jalan Sudirman Kota Kupang.

Demikian juga bank-bank lain. Permintaan kartu GPN baru bisa di layani di kantor-kantor perbankan setingkat cabang. Itu pun tidak semua kantor cabang. (*)

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved