Berita NTT

Bentuk Ormas Islam! Kepala KUA Lobalain Rote Ndao Gelar Pertemuan Lintas Sektoral

dalam pertemuan itu terpilih Ustadz Zulkifli Harun, S.PdI sebagai ketua panitia pelaksana pembentukan Ormas dan Lembaga keagamaan

Bentuk Ormas Islam! Kepala KUA Lobalain Rote Ndao Gelar Pertemuan Lintas Sektoral
istimewa
Pertemuan Lintas Sektoral di KUA Kecamatan Lobalain 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | BA'A-----Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao mengeler pertemuan lintas sektoral antara kepala KUA Syarifudin, S.HI.,MH dengan para Tokoh Agama setempat.

Pertemuan tersebut berlangsung di Aula Kantor KUA setempat, Kamis (11/10/2018).

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao Syarifudin, S.HI.,MH Kepada POS-KUPANG.COM dari Ba'a ke Waingapu, Kamis (11/10/2018) mengatakan membangun kerjasama Lintas sektoral menjadi tanggung jawab Kepala KUA di tingkat Kecamatan.

"Saya sejak tanggal Pelantikan tanggal 1 Oktober 2018, saat itu saya langsung temui pak Camat Lobalain untuk silaturrahmi dan diskusi seputar warga setempat, kemudian saya juga temui Bapak H.Hasan yang merupakan tokoh sentral islam di Kabupaten Rote Ndao,"kata Syarifudin yang juga merupakan mantan KUA Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur.

Dikatakanya, selanjutnya ia bersama Penyuluh Non PNS beraudiens dengan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rote Ndao untuk berdiskusi tentang program kerja KUA dan Penyuluh di tengah Masyarakat Kecamatan termasuk menjelaskan langkah-langkah strategisnya. Dan KUA wajib bermitra dengan lembaga dan ormas keagamaan seperti MUI, LPTQ, PHBI, LP2A, BKM, BP4, NAZHIR, Remas dan Majelis Taklim karena Lembaga dan Ormas itu sebagai medium penyelesaian konflik keumatan di tingkat kecamatan, sekaligus garda terdepan peneduh.

Syarifudin mengatakan, dalam pertemuan itu terpilih Ustadz Zulkifli Harun, S.PdI sebagai ketua panitia pelaksana pembentukan Ormas dan Lembaga keagamaan Islam Tingkat Kecamatan Lobalain.

Dikatakan Syarifudin Ustadz Zul yang biasa disapa itu juga mengatakan, Kesuksesan dalam kegiatan yang direncanakan tentu tak bisa oleh seorang diri zulkifli, melainkan dukungan semua tokoh-tokoh agama, pemuda dan majelis ta'lim yang ada di kecamatan itu.

Ketua MUI Kabupaten Rote Ndao H. Ahmad Kosso juga mengatakan, Organisasi dan Lembaga keagamaan semestinya harus segera dipikirkan walau berat dalam tantangannya, karena umat di Kecamatan butuh penjelasan yang sifatnya situasional. Dengan hadirnya Lembaga dan Ormas keagamaan di kecamatan Lobalain dapat menjadi garda terdepan dan KUA sebagai jembatan untuk mewujudkan.

Adapun Pertemuan itu juga dihadiri oleh sejumlah tokoh agama yakni Kapten. H. Wargi Yandi, Ahmad Kiah, Muhammad Ishak, Faisal Alkatiri, Asima Anwar, Jamal R Balich, Nuraini M. Anwar, Ating Latjina, Ahmad Nachrowi, Tarmizi, Wahyudin Salawi, Umar, serta seluruh Penyuluh Agama Islam Non PNS di KUA Kecamatan Lobalain. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help