Berita Nasional Terkini

Bawaslu Akan Panggil Kepala Daerah yang Deklarasi Dukung Jokowi

Bawaslu Riau akan memanggil Gubernur Riau terpilih dan wakilnya serta kepala daerah yang mendeklarasikan kemenangan capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Bawaslu Akan Panggil Kepala Daerah yang Deklarasi Dukung Jokowi
KOMPAS.com/Idon Tanjung
Seluruh kepala daerah Provinsi Riau saat menyatakan dukungan kepada capres Jokowi pada deklarasi relawan Projo di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Riau, Rabu (10/10/2018). 

POS-KUPANG.COM | PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau akan melakukan pemanggilan terhadap Gubernur Riau terpilih dan wakilnya serta kepala daerah yang mendeklarasikan kemenangan untuk capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan kepada Kompas.com, Rabu (10/10/2018). Langkah pemanggilan tersebut, diputuskan setelah melalui pembahasan dalam Rapat Pleno Bawaslu Riau pada Rabu malam.

"Kita sudah melakukan rapat pleno terkait gubernur terpilih dan Bupati/ Wali Kota se-Riau yang menandatangani pernyataan dukungan kepada salah satu capres/cawapres pemilu tahun 2019," jelas Rusidi.

Baca: Laporan Kasus Korupsi Diprediksi Membludak, Penegak Hukum Harus Siap

Dia mengatakan, pemanggilan gubernur terpilih serta beberapa orang bupati dan wali kota akan dilakukan pada pekan depan.

Lanjut dia, materi pemanggilan nanti akan difokuskan kepada kemungkinan terpenuhinya unsur pidana, khususnya pada pejabat negara yang melakukan tindakan menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu, sesuai UU No 7 Tahun 2019, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 2 tahun dan denda Rp 24.000.000.

Baca: Gempa M 6,4 di Timur Laut Situbondo, Warga Sumenep Paling Terdampak

"Bawaslu akan melihat kemungkinan pelanggaran terhadap penggunaan fasilitas negara dengan ancaman hukuman yang sama atau bisa juga pelanggaran terhadap keduanya," kata Rusidi.

Dia menerangkan bahwa pemanggilan dilakukan karena Bawaslu merasa perlu menanyakan beberapa hal terkait kehadiran kepala daerah dalam kegiatan deklarasi dukungan yang dilaksanakan oleh Relawan Projo di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

"Pada pemanggilan nanti, kita ingin memperjelas lebih jauh seperti apa kronologis kejadian dan apa maksud dan tujuan kegiatan tersebut," jelas Rusidi.

Di samping itu dia, juga akan memanggil panitia pelaksana untuk mendapat informasi yang lebih lengkap.

"Semua yang hadir dan menandatangani pernyataan dukungan (kepada Jokowi) akan kita panggil satu persatu," kata Rusidi.

Sebelumnya, seluruh kepala daerah di Provinsi Riau menyatakan dukungan kepada calon presiden Joko Widodo dan Wakilnya Ma'ruf Amin, mulai dari gubernur hingga kepala daerah kabupaten dan kota.

Dukungan itu disampaikan dalam deklarasi relawan Projo di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Riau, Rabu (10/10/2018).

Berikut ini nama-nama kepala daerah yang hadir mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.
1. Syamsuar (Gubernur Riau terpilih)
2. Edy Natar Nasution (Wakil Gubernur Riau terpilih)
3. Firdaus MT (Walikota Pekanbaru)
4. Amril Mukminin (Bupati Bengkalis)
5. Aziz Zaenal (Bupati Kampar)
6. Suyatno (Bupati Rokan Hilir)
7. Irwan Nasir (Bupati Kepulauan Meranti)
8. Zulkifli (Walikota Dumai)
9. Mursini (Bupati Kuantan Singingi)
10. Sukiman (Bupati Rokan Hulu)

Pembacaan pernyataan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin dipimpin oleh Gubernur Riau terpilih, Syamsuar dan diikuti oleh kepala daerah lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi. Dalam hal ini, Syamsuar mengatakan seluruh kepala daerah di Riau menyatakan siap mendukung Jokowi satu periode lagi.

"Ada dua kepala daerah yang tidak dapat hadir yakni, Yopi Arianto Bupati Indragiri Hulu dan M Haris Bupati Pelalawan. Pak Yopi sedang operasi di Yogyakarta dan Pak Haris ada acara wirid. Namun beliau berdua sudah sepakat dengan deklarasi ini," kata Syamsuar. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved