Berita pendidikan

SMP Citra Bangsa Belajar Sambil Tamasya, Ini Yang Dilakukan

SMP Kristen Citra Bangsa Kupang berinovasi untuk menemukan model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak zaman sekarang.

SMP Citra Bangsa Belajar Sambil Tamasya, Ini Yang Dilakukan
IST

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Belajar mengajar dalam ruang kelas, terlalu monoton dan membuat para peserta didik jenuh. Akibatnya, tidak semua materi yang diajarkan bisa dicerna dengan baik.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Citra Bangsa Kupang berinovasi untuk menemukan model pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak zaman sekarang.

Belajar sambil bertamasya. Metode tersebut yang sedang dikembangkan SMP Kristen Citra Bangsa melalui Program City Tour.

Baca: Tiba di Sukabumi, Satu Keluarga Pengungsi Palu Dihadiahi Warung

Model pembelajaran seperti itu, tidak hanya untuk satu mata pelajaran, tapi seluruh mata pelajaran. Tentu disesuaikan dengan materi yang diajarkan.

Kepala SMP Kristen Citra Bangsa, Jublina Ga, S.Th, MPd.K, yang ditemui di ruang kerjanya, mengatakan, ada dua model pembelajaran yang dikembangkan di sekolah tersebut, yakni program pembelajaran dalam kelas dan di luar kelas.

Menurut Jublina, mata pelajaran di luar kelas, dikembangkan dalam bentuk City Tour Study. Ini adalah perpaduan model pembelajaran dalam ruangan dan di luar ruangkan.

Metode tersebut, kata Jublina, diadopsi dari model pembelajaran di Australia. "Kami melakukan kombinasi belajar di dalam ruangan dan luar ruangan. Mata pelajaran PPKN misalnya, setelah dalam ruangan, para peserta didik kami arahkan ke Kantor DPRD, mata pelajaran Seni Budaya dan Kesenian (SBK), kami arahkan ke tempat pembuatan sasando, Bahasa Inggris, anak-anak menjadi guide bahkan sampai ke Oesao di Monumen Australia," beber Julina.

Baca: Masalah Ratna Sarumpaet! Hari Ini Polisi Periksa Amien Rais

Dia menjelaskan, program City Tour yang dilakukan SMP Kristen Citra Bangsa Kupang selalu dimulai dari titik nol, yakni gedung bekas Kantor Bupati Kupang di Fontein.

Untuk pelajaran fisika, setelah belajar di kelas, para siswa akan tour ke PLTU Bolok, PLN Cabang Kupang dan PLTD.

Halaman
123
Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved