Berita NTT Terkini

Dinas Kominfo Malaka Ikut Kegiatan SPBE di Kupang

Dinas Kominfo Provinsi NTT bekerja sama dengan Kemenpan-RB menggelar kegiatan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE)

Dinas Kominfo Malaka Ikut Kegiatan SPBE di Kupang
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Peserta kegiatan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Aula Diskominfo Provinsi NTT, Rabu (10/10/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | BETUN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi NTT bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia menggelar kegiatan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yang melibatkan seluruh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten/Kota sebagai leading sektornya.

"Kegiatan SPBE ini menjadi sangat penting oleh karena sudah waktunya seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pemerintah harus berbasis pada elektronik dan aplikasi, sehingga efektif dan efesien," demikian diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT, Aba Maulaka pada saat pembukaan kegiatan di Aula Diskominfo Provinsi NTT, Rabu (10/10/2018).

Baca: DPC PKB Ende Hargai Proses Hukum Abidin

Aba Maulaka pada kesempatan yang sama memaparkan situasi yang terjadi di Provinsi NTT terkait dengan SPBE. Dikatakan bahwa kegiatan SPBE di Provinsi NTT baru dilaksanakan pada bulan Juli 2018 dengan menghadirkan beberapa dinas terkait sebagai tim yang punya tugas masing-masing.

"Syukur bahwa setelah dibentuk tim dapat menjalankan tugas dan sesuai dengan perhitungannya indeks SPBE NTT mencapai 1,84 pada level cukup. Oleh karenanya harus terus dipacu sehingga dapat meningkat dari waktu ke waktu," katanya.

Baca: 44 Desa di Nagekeo akan Gelar Pilkades Serentak

Sementara itu, Mulyanto, Kasubid Penyiapan Informasi pada Kementerian PAN-RB mengatakan dirinya hadir bersama Tim Evaluator Eksternal kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kemajuan dan capaian indeks SPBE sesuai dengan kinerja yang dilakukan masing-masing instansi.

"Kehadiran kami di sini bersama tim untuk mendampingi dan melihat langsung kemajuan atau capaian yang telah diperoleh setelah melakukan evaluasi terhadap kegiatan ini," ungkapnya.

Pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa universitas seperti UI dan UGM untuk membantu aksesibilitas yang terkait dengan indeks, domain, aspek dan indikator yang memungkinan perhitungan indeks secara tepat dan akurat.

Dikatakan Mulyanto bahwa hasil akhir dari kegiatan SPBE ini yakni adanya evaluasi dokumen dan wawancara, dan pada akhirnya disusun rekomendasi untuk dilihat secara keseluruhan, dan dirangkum oleh Kementerian PAN RB.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri para Kepala Dinas dari kabupaten/kota di NTT seperti Malaka, TTU, Alor, Flores Timur, Rote Ndao, Kabupaten Kupang dan Sumba Timur dan Sumba Tengah. (*/kominfo malaka)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help