Berita Kabupaten Kupang Terkini

Caleg Masih Abaikan Ketentuan Pemasangan APK

Bawaslu Kabupaten Kupang menemukan pemasangan APK oleh caleg mengabaikan ketentuan Peraturan Undang-undang (UU) yang berlaku.

Caleg Masih Abaikan Ketentuan Pemasangan APK
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi, Adam Horison Bao 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kupang menemukan pemasangan alat peraga kampanye (APK) oleh caleg mengabaikan ketentuan Peraturan Undang-undang (UU) yang berlaku.

Bawaslu mengimbau semua peserta pemilu di Kabupaten Kupang untuk menurunkan semua APK yang sudah terpasang dalam rangka memastikan semua metode kampanye dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Martony Reo melalui Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi, Adam Horison Bao, menyampaikan hal ini kepada POS- KUPANG.COM, Rabu (10/10/2018).

Baca: Membantu Petani Siapkan Lahan Pertanian, Dinas Pertanian Serahkan Tiga Traktor ke BPP

Adam mengatakan, sudah dua minggu lebih telah di lewati dalam masa kampanye pemilihan umum tahun 2019.

Peserta pemilu sudah mulai aktif dengan kegiatan kampanye di masing-masing dapil dengan berbagai metode. Ada yg sudah mulai dengan kampanye pertemuan terbatas maupun untuk kampaye tatap muka.

Baca: 49.961 KK di Kabupaten Kupang Terkategori Miskin

Namun yang tidak kalah ramai adalah pemasangan APK oleh caleg atau relawan di berbagai sudut kota dan kampung.

Dikatakannya, dari hasil pengawasan Bawaslu Kabupaten Kupang, ditemukan APK yang terpasang belum sesuai peraturan perundang-undangan. Sebab, menurut ketentuan aturan, semua APK harus di sediakan melalui dua jalur.

Pertama, APK yang di fasilitasi oleh KPU dan kedua; APK yang dicetak oleh Peserta Pemilu yaitu Baliho dan Spanduk setelah menyampaikan desainnya ke KPU untuk di (ukuran, simbol/logo, isi/visi misi partai) dan kemudian mendapat persetujuan KPU.

Sejauh ini semua yang di pasang di setiap sudut kota dan desa adalah yg di cetak sendiri oleh caleg tanpa melalui mekanisme yang di atur oleh PKPU 23/2018.

Oleh karena itu Bawaslu mengimbau semua peserta pemilu di Kabupaten Kupang untuk menurunkan semua APK yang sudah terpasang dalam rangka memastikan semua metode kampanye di lakukan sesuai aturan yang berlaku. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved