Berita NTT

Pemerintah NTT Diminta Prioritaskan Jalan Provinsi ke Wilayah Perbatasan

Pemerintah Provinsi NTT diminta memrioritaskan pembangunan ruas jalan provinsi dari Kabupaten TTS - Kabupaten Kupang tepatnya

Pemerintah NTT Diminta Prioritaskan Jalan Provinsi ke Wilayah Perbatasan
Pos Kupang/Oby Lewanmeru
Jefri Unbanunaek, anggota DPRD NTT 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG --- Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT diminta memrioritaskan pembangunan ruas jalan provinsi dari Kabupaten TTS - Kabupaten Kupang tepatnya di perbatasan RI-RDTL.

Akses jalan ini dibuka agar dapat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat setempat.

Baca: Jelang Kedatangan Tamu IMF ke Labuan Bajo! 18 Unit Kapal Pinisi Siap Layani Perjalanan Wisata

Hal ini disampaikan Anggota Komisi IV DPRD NTT, Jefri Unbanunaek kepada POS-KUPANG.COM, Senin (8/10/2018).

Menurut Jefri, ruas jalan menuju jalur perbatasan tepatnya di Amfoang Timur, Kabupaten Kupang masih sangat memrihatinkan. Karena itu, pemerintah harus memrioritaskan ruas jalan ini.

"Memang status jalan dari SoE ke Amfoang Timur melalui Kapan - Oepoli adalah jalan Provinsi sesuai SK Gubernur NTT, Nomor 256/Kep/Hk/2017," katanya.

Politisi PKPI NTT ini merincikan, ruas jalan itu mulai dari SoE- Kapan, Jalan Gunung Mutis, Jalan Gunung Mollo, Kapan- Batas Kabupaten TTU‎, Simpang Niki-Niki -Oinlasi- Oinlasi-Anin- Boking. Sedangkan dari ruas jalan yang bisa menghubungkan TTS - Amfoang Timur, Kabupaten Kupang bisa melalui Kapan-Nenas, Nenas - Sutual, Sutual-Noelelo.

"Jika ingin mendapatkan jalur yang dapat langsung membuka akses dari Soe- Amfoang Timur, maka bisa melalui ruas jalan provinsi, Soe- Kapan, Kapan-Nenas, Nenas -Sutual dan Jalaur Sutual-Noelelo. Totalnya sekitar 67.13 kilometer," katanya.

Dikatakan, dengan membuka akses ini, maka masyarakat yang sebelumnya terkesan terisolasi di wilayah dekat perbatasan akan merasa terjangkau.

"Wilayah ini ada potensi ekonomi, ada juga potensi wisata alam. Karena itu bagi saya, jika pemerintah memrioritaskan ruas jalan ini, maka akan berdampak pula bagi masyarakat setempat," ujarnya.

Sementara dalam program pembangunan jalan yang diusulkan oleh Dinas PUPR NTT, terdapat 19 paket ruas jalan dsan tiga jembatan. Ruas jalan itu diusulkan sebagai perencanaan teknis oleh pemerintah.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved