Berita Pilpres 2019

Jokowi Terima Gelar Bangsawan Melayu: Jangan Sampai Kita Terpecah Belah Gara-gara Pilihan

Usai mendapat gelar bangsawan melayu di Istana Maimun, Medan, Presiden Joko Widodo bergerak menuju gelanggang olahraga Lubukpakam

Jokowi Terima Gelar Bangsawan Melayu: Jangan Sampai Kita Terpecah Belah Gara-gara Pilihan
TRIBUN MEDAN.com
Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Adat Tuanku Seri Indra Utama Junjungan Negeri dari Kesultanan Deli. 

POS-KUPANG.COM - Usai mendapat gelar bangsawan melayu di Istana Maimun, Medan, Presiden Joko Widodo bergerak menuju gelanggang olahraga Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Minggu (7/10/2018).

Presiden didampingi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersilaturahim dengan paguyuban warga Jawa Sumatera.

"Indonesia negara besar, tidak heran banyak orang Jawa hidup di Sumut dan orang Sumut hidup di Jawa. NKRI punya 714 suku, bandingkan dengan Singapura yang hanya punya empat suku atau Afganistan dengan tujuh suku," kata Jokowi, Minggu.

"Perbedaan suku, agama, adat, dan tradisi membuat kita besar. Di Sumut saja banyak ucapan salam, ada horas, di Pakpak njuah-juah, di Karo beda lagi mejuah juah. Bayangkan dari Sabang sampai Merauke," sambungnya.

Jokowi tak lupa berpesan agar pergantian bupati, gubernur, presiden, atau wali kota tidak membuat perpecahan dan konflik.

Dia berharap warga Indonesia rukun sentosa karena kerukunan akan mengantar pada kesejahteraan.

"Di daerah masih seperti itu, untungnya di Sumut tidak. Jangan sampai kita terpecah belah gara-gara pilihan, kita harus tetap satu sebagai bangsa Indonesia," ucap dia.

Sebelum meninggalkan lokasi, Jokowi dan Edy Rahmayadi meladeni permintaan swafoto dan salaman warga. Setelah itu, bersama Pangdam I BB, MS Fadillah Sabrar, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan dan Bupati Serdangbedagai Soekirman bergerak menuju Jalan Williem Iskandar-Pancing, yang menjadi lokasi utama penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 27.

Presiden Jokowi bersilaturahmi dengan paguyuban warga Jawa di Sumut, Minggu (7/10/2018)
Presiden Jokowi bersilaturahmi dengan paguyuban warga Jawa di Sumut, Minggu (7/10/2018) (Dok: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumut)

Terima Gelar

Saat berkunjung ke Medan Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima gelar Tuanku Sri Indera Utama Junjungan Negeri dari Kesultanan Deli.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved