Berita Kabupaten Sikka Terkini

Lansia Beri Kontribusi Bloro Raih Predikat Desa Terbaik Transparansi dan Akuntabilitas Publik

Kaum lanjut usia (Lansia) selalu dipandang kurang produktif oleh segelintir masyarakat.

Lansia Beri Kontribusi Bloro Raih Predikat Desa Terbaik Transparansi dan Akuntabilitas Publik
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Kepala Desa Bloro, Soter Sani Nurak 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Kaum lanjut usia (Lansia) selalu dipandang kurang produktif oleh segelintir masyarakat. Namun pandangan itu tak berlaku bagi pemerintahan Desa Bloro di Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Lewat suara dan aksi warga, mereka berperan dalam pembangunan di Desa Bloro. Lansia menjadi mitra desa penyalur aspirasi rakyat. Paling tidak mereka terlibat menceritakan hal-hal yang baik di rumah tangga dan tetangga di sekitarnya," kata Kepala Desa Bloro, Soter Sani Nurak, kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (6/10/2018) di Maumere.

Desa Bloro dinobatkan juara pertama Desa Pelayanan Informasi dan Transparansi Publik dan juara dua kategori Pembangunan dan Pemberdayaan versi Kementrian PDTT berdasarkan rekomendasi Panitia FGD di Kupang nomor berita acara: 902.1/M/DPMD/2018.

Baca: Siswa SMP Katolik Andaluri Waingapu Dapat Ilmu Tentang Gempa dan Tsunami

Soter menjelaskan, kaum Lansia dilibatkan dalam kegiatan kemasyarakatan pemberantasan HIV/Aids, filariasis dan penyakit sosial kemasyarakatan lainnya.

Baca: Umbu Lili Minta Para Rekanan di Sumba Timur Siapkan Tenaga Ahli Bersertifikat

Pengelolaan dana desa yang semakin besar, diakui Soter, perlu melibatkan peran serta masyarakat yang lebih luas memberikan sumbangan pikiran dan tenaga. Tahun 2017 APBDes Bloro Rp 1.243.076.859, dan tahun 2018 Rp 1.195.251.692.

Ia berprinsip riwayat kehidupan masyarakat sebagai ukuran dan partisipasi masyarakat, transparansi dan akuntabilitas publik mutlak bagi Desa Bloro. (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help