Berita Internasional

Setelah Bebas dari Penjara, Anwar Ibrahim Dituduh Sodomi Pelajar Indonesia di Singapura

Parti Keadilan Rakyat (PKR) mengumumkan telah melaporkan seorang anggota Dewan Tinggi Organisasi Nasional Malay Bersatu (UMNO) ke polisi.

Setelah Bebas dari Penjara, Anwar Ibrahim Dituduh Sodomi Pelajar Indonesia di Singapura
AFP/ROSLAN RAHMAN
Mantan pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim didampingi istrinya, Wan Azizah Wan Ismail memberikan jumpa pers di kediamannya, Rabu (16/5/2018), usai resmi bebas dari penjara. 

POS-KUPANG.COM - Parti Keadilan Rakyat (PKR) mengumumkan telah melaporkan seorang anggota Dewan Tinggi Organisasi Nasional Malay Bersatu (UMNO) ke polisi.

Laporan dikeluarkan setelah Presiden PKR Anwar Ibrahim dituduh melakukan perbuatan sodomi kepada seorang pelajar Indonesia di Singapura.

Diwartakan Channel News Asia Senin (1/10/2018), politisi UMNO Lokman Nor Adam mengunggah sebuah status di Facebook bahwa pelajar Indonesia itu telah melapor ke polisi.

Dalam unggahannya, Lokman menyebut sumber kabar itu berasal dari media bernama Berita. Namun, portal asal Malaysia itu membantah telah merilis artikel tersebut.

Lokman segera menghapus unggahan itu, dan menjelaskan status tersebut dikirim dari seorang kenalannya.

"Status saya hapus setelah diberitahu," tutur dia.

Anggota parlemen dari PKR Fahmi Fadzil menuturkan status Lokman telah menghancurkan reputasi Anwar karena telah menjadi viral. Apalagi, tuduhan tersebut muncul ketika Anwar sedang sibuk untuk bertarung dalam pemilihan anggota parlemen di Port Dickson.

"Saya melihat status itu punya maksud negatif. Bertujuan mengubah persepsi publik akan Datuk Seri Anwar Ibrahim dan kekacauan," tutur Fahmi.

Dia menyindir pemerintahan sebelumnya yang dimotori koalisi Barisan Nasional selalu menekankan mengecek sebelum membagikan berita.

"Namun, dia sendiri tak melihat kebenarannya dan asal menyebarkan. Itu menunjukkan kegagalan pemerintahan dahulu," kata Fahmi. Sementara Anwar mengungkapkan dia sudah tidak peduli dengan tuduhan tersebut, yang dianggapnya telah basi karena muncul sejak 20 tahun silam.

"Cukup lah. Cari modal lain. Jujur saya sudah jenuh dengan tuduhan tersebut," kata politisi berusia 71 tahun itu dikutip The Star.

Mantan Wakil Perdana Menteri periode 1993-1998 itu menyatakan jika Lokman memang membantah, seharusnya dia meminta maaf secara langsung.

Anwar menghuni penjara pada 1999 dan 2015 setelah dituduh melakukan sodomi. Dia bebas pada Mei setelah Mahathir Mohamad naik menjadi Perdana Menteri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anwar Ibrahim Dituduh Sodomi Pelajar Indonesia di Singapura", https://internasional.kompas.com/read/2018/10/01/17242461/anwar-ibrahim-dituduh-sodomi-pelajar-indonesia-di-singapura.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help