Berita Internasional

Pemerintah Suriah Kembali Buka Perlintasan Perbatasan dengan Yordania

Pemerintah Suriah membuka kembali perlintasan perbatasan Nassib dengan Yordania pada Sabtu, tiga tahun setelah rute perdagangan

Pemerintah Suriah Kembali Buka Perlintasan Perbatasan dengan Yordania
(REUTERS/Rodi Said)
Dokumentasi: Seorang pejuang dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF) berdiri diantara reruntuhan gedung yang hancur di Raqqa, Suriah, Senin (25/9/2017).

POS KUPANG.COM - - Pemerintah Suriah membuka kembali perlintasan perbatasan Nassib dengan Yordania pada Sabtu, kata kementerian transportasi, tiga tahun setelah rute perdagangan utama itu ditutup pemberontak.

Perlintasan Nassib dikuasai pemberontak pada tahun 2015, memutus rute persinggahan utama bagi ratusan truk sehari yang mengangkut barang-barang antara Turki dan Teluk, dan Lebanon dan teluk.

Baca: Pemerintah Tidak Tetapkan Gempa-Tsunami Palu Adalah Bencana Nasional! Ini Pertimbangnya

Baca: Ketidaksesuaian NIK dan KK! Dinas Kependudukan dan Casil Manggarai Barat Cek di Server


"Truk dan lalulintas transit telah mulai melalui perbatasan Suriah-Yordania," demikian pernyataan kementerian itu yang dikirim ke Reuters.


Barang-barang bernilai miliaran dolar dalam perdagangan tahunan melintasi perlintasan nassib di bagian selatan Suriah sebelum pertempuran mulai tahun 2011 dan penutupannya membebani ekonomi Suriah dan negara-negara tetangganya, demikian Reuters melaporkan.

Menteri ekonomi Libanon mengatakan kepada Reuters pada Juli perlintasan itu "urat nadi" bagi ekonomi Libanon dan persetujuan hendaknya dicapai untuk membukanya kembali.

Damaskus telah terlibat dalam pembicaraan teknis dengan Amman pada September untuk membuka kembali gerakan melalui rute Nassib yang dikuasai kembali pasukan Suriah pada Juli.

Pemerintah Suriah telah mengendalikan sebagian besar negara itu dengan bantuan dari para sekutunya Rusia dan Iran. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved