Berita Lembata

Bawang Merah Lembata Kuasai Pasar Lewoleba

Komoditas bawang merah yang diproduksi petani di Kabupaten Lembata, menguasai pasaran di daerah itu. Kondisi ini terjadi karena petani

Bawang Merah Lembata Kuasai Pasar Lewoleba
POS KUPANG.COM/FRANS WATU
GUDANG -- Bawang merah yang tersimpan di gudang milik Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata, Jumat (27/9/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Komoditas bawang merah yang diproduksi para petani di Kabupaten Lembata, kini menguasai pasaran di daerah itu. Kondisi ini terjadi karena sekarang ini para petani sedang melakukan panen atas komoditi tersebut.

Lantaran bawang merah yang dihasilkan petani Lembata terbilang melimpah ruah, sehingga harga jualnya pun melorot drastis. Harga bawang merah di Lewoleba berkisar antara Rp 10.000 - Rp 12.500 per kg.

Baca: Bupati Ende Lantik 9 Penjabat Kepala Desa

Pantauan Pos Kupang di pasar-pasar di Lewoleba, Jumat (27/9/2018), bawang merah cukup melimpah di kota ini. Banyaknya persediaan itu terlihat dari volume komoditas itu di tempat-tempat penyimpanan baik di kebun maupun gudang-gudang.

Salah satu gudang yang kini sesak oleh bawang merah itu, milik Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lembata, yang beralamat di Jalan CWC, Lamahora, Kelurahan Lewoleba Timur.

Baca: BREAKING NEWS - Adelina Ditemukan Tewas Gantung Diri di TTS. Ini Pemicunya

Gudang yang letaknya persis di samping Kantor Pegadaian Cabang Lewoleba itu, penuh sesak oleh bawang merah. Volume bawang yang baru didrop dari satu lokasi saja, dari kebun di Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape, misalnya, tak bisa lagi ditampung di tempat tersebut.

"Bawang merah yang baru didrop dari satu kebun di Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape saja, te bisa lagi ditampung di tempat ini. Jadi, kami harus mencari gudang lagi untuk menampung komoditi yang sekarang ini sedang dipanen."

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata, Mathias Beyeng, ketika ditemui Pos Kupang.Com di gudang bawang merah, Jumat (27/9/2018) siang. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved