Berita Nasional Terkini

Gubernur Lukas Enembe Sebut Seluruh Kepala Daerah di Papua Akan Dukung Jokowi-Ma'ruf

Gubernur Papua, Lukas Enembe menyebutkan seluruh kepala daerah di tingkat kabupaten dan kota di Papua akan mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Gubernur Lukas Enembe Sebut Seluruh Kepala Daerah di Papua Akan Dukung Jokowi-Ma'ruf
KOMPAS.com/ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Gubernur Papua, Lukas Enembe (kiri) bersama Wakil Gubernur, Klemen Tinal melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Gubernur Papua, Lukas Enembe menyebutkan seluruh kepala daerah di tingkat kabupaten dan kota di Papua akan mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Hal itu ia sampaikan usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (26/9/2018) malam.

"Tadi malam saya panggil 28 bupati, 1 wali kota, kita rapat, kita sepakat, kita tandatangani semua untuk mendukung Jokowi dan Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden untuk periode kedua," kata Lukas dalam konferensi pers.

Baca: Keluarga Gus Dur Dukung Jokowi-Maruf, Prabowo-Sandi Akan Datangi Basis NU

Menurut Lukas, dirinya dan seluruh kepala daerah di sana siap memperjuangkan sekitar 3,5 juta suara rakyat Papua untuk Jokowi-Ma'ruf.

Lukas mengakui sikapnya ini berlawanan dengan sikap resmi Demokrat yang mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Menurut dia, keputusan ini sudah dilaporkan ke Demokrat.

Baca: Iwapi NTT Gelar Rakerda Perdana di Kupang

"Seluruh kader Demokrat di Papua itu mendukung Pak Jokowi. Dan saya sudah lapor. Jadi saya pikir sikap kita jelas. Jadi bagi kami tidak ada masalah waktu saya menyampaikan itu. Karena itu sikap dari bawah, dari akar rumput," ujar dia.

Lukas mengaku belum dipanggil oleh DPP Demokrat terkait keputusannya ini. "Belum dipanggil. Kemungkinan mereka panggil atau tidak, saya belum tahu," ujarnya.

Sebelumnya, Lukas mengatakan mendukung Jokowi karena Jokowi mengerti masalah Papua. Hal tersebut, menurut dia, sudah dibuktikan selama empat tahun terakhir pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla berjalan.

"Semua presiden tidak mampu menyelesaikan provinsi Papua. Itu kami catat. Yang terbaik Pak Jokowi, semua persoalan di Papua dia memahami," ujar Lukas seusai dilantik Presiden Jokowi sebagai Gubernur Papua, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Lukas menambahkan, tidak ada strategi khusus untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Papua. Lanjutkan membaca artikel di bawah.

Ia meyakini, dengan pernyataannya yang akan mendukung Jokowi-Ma'ruf, maka seluruh rakyat Papua akan ikut mendukung pasangan petahana itu. "Caranya saya bicara ini sudah, selesai, bungkus, semua ikut," kata dia. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved