Berita Kabupaten Lembata

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur Panen Lagi Bawang Merah

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur memanen lagi bawang merah di daerah itu. Setelah memanen bawang merah yang dikembangkan petani

Bupati Lembata  Eliaser Yentji Sunur Panen Lagi Bawang Merah
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
PANEN BAWANG -- Bupati Lembata panen bawang pada areal yang digarap Rudi Ismail di Kuma Resort, Sabtu (22/9/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur memanen lagi bawang merah di daerah itu. Setelah memanen bawang merah yang dikembangkan petani di desa Tanatreket bulan lalu, kini ia memanen lagi komoditas tersebut di Kuma Resort.

Panen bawang merah di Kuma Resort itu merupakan yang ketiga kali, setelah panen pertama dilakukan pada akhir Juli 2018 lalu. Saat itu Bupati Sunur memanen bawang pada demplot yang dikembangkan tenaga penyuluh pertanian lapangan (PPL). Lahannya hanya beberapa are saja.

Panen kedua dilakukan di Desa Tanatreket, di atas lahan percontohan yang dikembangkan petugas PPL. Sementara panen ketiga ini, dilakukab Bupati Sunur di Kuma Resort. Bawang merah di tempat ini dikembangkan oleh keluarga Rudi Ismail, petani bawang asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kebun yang ditanam Rudi Ismail itu lebih dari satu hektar dari lahan potensial sekitar 4 hektar lebih.

Rudi menuturkan, pada awal Mei 2018 lalu, pihaknya mendapat restu dari Bupati Sunur, untuk menggarap lahan di Kuma Resort, tepat di samping Pelabuhan Feri Waijarang. Atas restu tersebut, ia pun mulai menggarap lahan tersebut menggunakan traktor.

Setelah lahan diolah pihaknya mulai mengusahakan air. Ia sangat bersyukur karena air yang dicarinya berhasil didapatkan. Di atas lahan itu terdapat dua sumber air namun satunya terasa payau sehingga tak bisa digunakan.

Air tawar itu, lanjut dia, debitnya tidak terlalu besar. Namun bisa dimanfaatkan untuk menyirami bawang merah yang dibudidayakan. Alhasil setelah dua bulan berlalu, akhirnya tanaman bawang itu dipanen oleh Bupati Sunur pada Sabtu (22/9/2018) pagi sekitar Pukul 09.00 Wita.

Dari ubinan yang diambil dsri lahan itu kemudian dihitung oleh petugas PPL, pada lahan itu Rudi memanen (*)

Baca: Bupati Anton: Jamaah Haji Kembali ke Flotim Hendaknya Jadi Panutan Masyarakat

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help