Berita Kabupaten Lembata

PLN Siaga di Bukit Cinta, Sukseskan Festival 3 Gunung

Petugas akan selalu berjaga-jaga baik pada mesin pembangkit maupun jaringan listrik.

PLN Siaga di Bukit Cinta,  Sukseskan Festival 3 Gunung
POS KUPANG/FRANS KROWIN
Petugas PLN saat memasang jaringan listrik di Bukit Cinta, Jumat (21/9/2018). 

Laporan Wartawan POS KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM|LEWOLEBA -- Manajemen PT PLN Rayon Lembata, akan siaga di Bukit Cinta. Kesiagaan PLN itu dengan menerjunkan petugas khusus selama Festival 3 Gunung berlangsung. Petugas akan selalu berjaga-jaga baik pada mesin pembangkit maupun jaringan listrik.

Hal tersebut disampaikan Manajer PT PLN Rayon Lembata, Darius Uren Sabaleku, ketika ditemui Pos Kupang.Com di Bukit Cinta, Sabtu (22/9/2018) siang. Saat itu Darius bersama karyawannya sedang mengontrol jaringan yang sudah dipasang pada lokasi puncak penyelenggaraan Festival 3 Gunung (F3G) tersebut.

"Sekarang ini Bukit Cinta menyedot perhatian banyak orang dari berbagai penjuru. Untuk itulah kami selalu siaga, bekerja ekstra dan melakukan yang terbaik untuk acara ini. Kami telah berkomitmen menyukseskan Festival 3 Gunung ini," ujarnya.

Menurut Darius, sejak peluncuran Festival 3 Gunung dilaksanakan baik di Jakarta maupun soft launcing acara itu di Pelabuhan Jetty Lewoleba baru-baru ini, pihaknya telah menyiapkan rencana untuk menyukseskan kegiatan akbar tersebut.

Dalam setiap pertemuan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata sebagai penyelenggara pesta akbar itu, lanjut Darius, pihaknya telah memberikan jaminan tentang kesiapan PLN bersama seluruh karyawan untuk menyukseskan kegiatan itu.

Atas dasar itulah, kata dia, pada tataran pelaksanaan seperti sekarang, pihaknya turun langsung untuk menyiapkan dan memastikan bahwa PLN siap mendukung penuh penyelenggaraan festival tersebut. "Saat ini kami sudah siap untuk menyukseskan acara ini," ujarnya.

Bahkan, lanjut Darius, PLN juga sudah menyiapkan jaringan permanen yang dipasang khusus di Bukit Cinta ini. "Nanti kami akan bangun gardu listrik khusus di tempat ini. Gardu itu akan dipasang pada pintu gerbang Bukit Cinta. Maksudnya, dari gardu tersebut PLN akan melayani pemasangan jaringan dan instalasi listrik di rumah-rumah warga di sekitar Bukit Cinta ini," ujar Darius.

Dikatakannya, PLN Rayon Lembata sudah siap melayani permintaan pelanggan untuk mendukung investasi di daerah ini. Kesiapan itu berupa ketersediaan mesin pembangkit energi (listrik) maupun jaringan yang akan dipasang menuju lokasi usaha untuk investasi.

Untuk itulah, lanjut Darius, melalui Festival 3 Gunung tersebut, pihaknya ingin menunjukkan kepada semua pihak termasuk wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, bahwa Lembata sudah siap menerima investor yang hendak melakukan investasi di kabupaten satu pulau ini. (*)

Peserta Tenue Sudah Siap

SESUAI agenda, sore ini Festival 3 Gunung diawali dengan jalan santai dari Pantai Wisata Waijarang menuju Bukit Cinta. Jalan santai itu dilakukan bersama keluarga, sehingga jumlah peserta diperkirakan mencapai ribuan orang.

Setelah semua peserta tiba di Bukit Cinta, acara berikutnya pemecahan rekor muri pemintalan benang dari kapas dengan peserta terbanyak. Menariknya, adalah yang ikut sebagai peserta dalam acara itu menggunakan pakaian motif daerah.

Mengukir rekor muri itu berlangsung pada saat senja ketika sang surya hendak kembali ke peraduannya. Pada saat itulah ada lomba foto sunset untuk semua peserta. Moment ini sangat luar biasa, karena dari Puncak Bukit Cinta, Anda dapat menyaksikan secara sempurnah, detik-detik terakhir matahari tenggelam ke balik bumi.

"Moment ini tentu yang ditunggu-tunggu apalagi mengabadikannya dari Bukit Cinta. Ini akan meninggalkan kesan pada semua orang. Dan, kesan itu tak akan hilang sampai kapan pun," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lembata, Apol Mayan, Sabtu (22/9/2018). (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help