Berita Kabupaten Nagekeo

KP2AC Aesesa Resmi Terbentuk

KP2AC Aesesa yang diketuai oleh Radho Aloysius itu akan menjalani masa tugas selama kurang lebih tiga tahun mulai tahun 2018 hingga tahun 2021.

KP2AC Aesesa Resmi Terbentuk
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Suasana pelantikan pengurus KP2AC Aesesa di Aula Kantor Camat Aesesa Kabupaten Nagekeo, Jumat (21/9/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Tim Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Nagekeo membentuk Kelompok Perlindungan Perempuan dan Anak tingkat Kecamatan Aesesa (KP2AC).

KP2AC di Nagekeo sudah terbentuk semua di tujuh Kecamatan yang ada di Nagekeo.

KP2AC Aesesa yang diketuai oleh Radho Aloysius itu akan menjalani masa tugas selama kurang lebih tiga tahun mulai tahun 2018 hingga tahun 2021.

KP2AC dikukuhkan oleh Camat Aesesa Pius Dhari, usai sosialisisasi tetang Perlindungan Perempuan dan Anak di Aula Kantor Camat Aesesa Kabupaten Nagekeo, Jumat (21/9/2018).

Camat Aesesa, Pius Dhari, mengatakan, KP2AC adalah kelompok perlindungan perempuan dan anak kecamatan yang dibentuk secara partisipatif dengan melibatkan semua unsur yang berpentingan dengan perlindungan anak dalam rangka menjamin terpenuhinya hak-hak anak dan terlindunginya anak-anak dari segala bentuk perlakuan salah.

Pius Dhari, mengatakan, pembentukan KP2AC sangat penting. Mengingat banyak persoalan yang selama ini dialami oleh perempuan dan anak terkait kekerasan. Baik kekerasan fisik, psikis, kekerasan seksual, penelantaran dan trafficking.

"Terima kasih karena sudah memenuhi undangan kami untuk kegiatan hari ini. Kegiatan seperti ini dapat menjadi bagian kita semua. KP2AC dibentuk secara partisipatif yang melibatkan anak, karangtaruna, petugas kesehatan, tokoh masayarakat, tokoh adat, tokoh adat, pemerintah ancaman, PKK, lembaga lainnya, Guru, komite, LSM, media massa, mari kita sama-sama bersinergi," papar Pius Dhari.

Ia mengatakan kehadiran KP2AC di Aesesa dalam rangka menekan angka sex bebas, tawuran, minuman keras dan Narkoba. Hal-hal ini sudah terjadi di Nagekeo.

Ia mengatakan kehadiran KP2AC bukan untuk mengabaikan peran pemerintah kecamatan, tetapi untuk bersinergi membangun sebuah kekuatan dalam upaya melindungi dan memerangi segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kecamatan.

Ia mengatakan prinsip kerja KP2AC yaitu peduli terhadap kepentingan anak, bersikap sukarela, tabah dan rela berkorban, kerjasama serta transparan dan akuntabel.

"Kami mengharapkan diwilayah kita dengan terbentuknya KP2AC, orangtua, masyarakat dan aparat pemerintah mulai mendeteksi kekerasan terhadap anak. Itu tidak baik," ujar Pius Dhari.

Pantauan POS KUPANG.COM, usai sosialisasi dilanjutkan dengan pelantikan pengurus KP2AC Aesesa.

Kegiatan berlangsung aman dan lancar hingga usai.

Adapun pengurus KP2AC Aesesa sebagai berikut, Ketua KP2AC Aesesa, Radho Aloysius, Wakil Ketua Klara Daso Wea, Sekretaris Aloysius Mango, Bendahara, Domitila Wea Samu, Divisi Pelayanan, ketua Gaspar Jaka, anggota Leonardo F. Ena, Stafania Claudia Tu, Sunayan, Sergius Enernesto Dhae, Divisi Informasi dan Dokumentasi, Felix Mepa, anggota Amina Arabia, Kristianus Terano Mingge, Divisi Advokasi dan Jaringan, Simon Fino, anggota Maria Yosefina Ritan, Siti Mardatilah, Yuliana Anjelina Kadju, Daniela Theresa Wou Dhena, Gabriel Elentin M. Sawa.(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help