Berita Internasional

Setelah Bertemu Moon Jae-In, Pemimpin Korut Kim Jong Un Ingin Bertemu Trump Soal Denuklirisasi

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un ingin kembali melangsungkan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Setelah Bertemu Moon Jae-In, Pemimpin Korut Kim Jong Un Ingin Bertemu Trump Soal Denuklirisasi
AFP/Pyeongyang Press Corps
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama istrinya Ri Sol Ju (sisi kiri), berpose dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook di Gunung Paektu Kamis (20/9/2018) setelah pertemuan. 

POS-KUPANG.COM | SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un ingin kembali melangsungkan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Pertemuan itu, berdasarkan pernyataan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, merupakan cara untuk mempercepat pelucutan program senjata nuklir di negara komunis itu.

Dilansir Channel News Asia Kamis (20/9/2018), sepanjang tiga hari pertemuan di Pyongyang, Moon berdiskusi dengan Kim seputar cara memulai kembali negosiasi dengan AS.

Kim menuturkan dia bersedia menutup kompleks program nuklirnya jika Washington juga memberikan timbal balik kepada Korut.

"Pemimpin telah mengutarakan keinginannya untuk melakukan denuklirisasi dan fokus ke perkembangan ekonomi," kata Moon di Seoul sekembalinya dari Pyongyang.

"Beliau berharap jika bisa bertemu Presiden Trump di masa yang akan datang bisa semakin mempercepat denuklirisasi tersebut," lanjutnya.

Kim dan Trump bertemu di Hotel Capella, Singapura, pada 12 Juni lalu, di mana Kim sepakat untuk melangsungkan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Namun, progres pasca-pertemuan tak menemui hasil positif. Malah, sejumlah laporan menyatakan Pyongyang masih meneruskan program nuklir mereka.

Presiden 65 tahun itu juga berujar, Kim mempersilakan dilaksanakannya inspeksi internasional ke situs uji coba nuklir Punggye-ri.

Situs yang terletak di barat laut itu telah dihancurkan Mei lalu. Namun, proses penghancuran itu tak dilihat secara mendetail sehingga muncul dugaan mereka tak melakukannya.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved