Berita Kabupaten Lembata

Pesta Kembang Api Meriahkan Festival 3 Gunung

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lembata telah menyiapkan aneka kegiatan. Salah satunya pesta kembang api akbar

Pesta Kembang Api Meriahkan Festival 3 Gunung
pos kupang.com, frans krowin
UMBUL-UMBUL -- Umbul-umbul yang mulai dipasang menuju Bukit Cinta, Jumat (21/9/2018) serta suasana di tempat itu siang tadi. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Persiapan menyambut penyelenggaraan Festival 3 Gunung (F3G) di Kabupaten Lembata, ternyata bukan isapan jempol belaka. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lembata telah menyiapkan aneka kegiatan. Salah satunya adalah pesta kembang api seakbar Hari Nusantara (Harnus) XVI yang telah berlangsung di Lewoleba, 13 Desember 2016 lalu.

"Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur telah menyampaikan bahwa pada puncak acara nanti, akan ada pesta kembang api yang kemeriahannya bisa melampaui acara puncak Hari Nusantara. Itu artinya, festival yang merupakan pesta rakyat ini akan sama akbarnya dengan Hari Nusantara tahun 2016 lalu."

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lembata, Apol Mayan, ketika ditemui Pos Kupang.Com di Bukit Cinta, Jumat (21/9/2018) siang.

Saat itu Apol bersama seluruh pimpinan OPD lainnya, termasuk aparat Polres Lembata, sedang melakukan pelbagai persiapan di tempat itu. Persiapan tersebut lebih pada pemasangan baliho, tenda-tenda, juga persiapan lain, termasuk gladiresik bagi pramutamu saat Festival 3 Gunung mulai diselenggarakan.

Menurut Apol, untuk pesta kembang api itu, pihaknya telah meminta tenaga profesional di Surabaya untuk merancangnya. Ia optimis, semua pihak akan kagum dengan pesta kembang api yang akan dirayakan di Bukit Cinta. "Kami sudah pesan kembang apinya, jadi kita tunggu saja kemeriahannya nanti," ujarnya.

Sesuai agenda yang telah disiapkan, lanjut Apol, pada Sabtu (22/9/2018) besok, acara itu dimulai dengan jalan santai yang diikuti semua komponen termasuk seluruh ASN (Aparat Sipil Negara) yang mengambil titik star di lokasi wisata Pantai Waijarang. Dari pantai wisata itulah seluruh peserta jalan santai bersama keluarga menuju Bukit Cinta.

Lantaran agenda kegiatannya tersurat demikian, kata Apol, maka mulai pagi tadi, Jumat (21/9/2018), para pegawai dari kantor-kantor pemerintah, dikerahkan untuk memasang umbul-umbul sepanjang jalan, mulai dari Pantai Wisata Waijarang.

Alhasil, pemancangan umbul-umbul tersebut mulai menampakkan kemeriahan festival akbar itu. Semaraknya suasana mulai terasa kala kita memasuki Pantai Wisata Waijarang hingga di Puncak Bukit Cinta.

Sepanjang jalan sekitar 2 kilometer itu, warna-warni umbul-umbul berjejer di sisi kiri dan kanan jalan. Nuansa merah putih kuning dan biru pada umbul-umbul, tampak menyatu dengan kondisi alam di kawasan wisata Bukit Cinta. Saat ini destinasi Bukit Cinta demikian menawan.

Halaman
12
Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help