Berita Kabupaten Flores Timur

BPMD Flotim Gelar Rakor! Daya Saing Desa Perlu Dibenahi

Rakor mengundang stakeholders terkait kepala OPD, camat, kepala desa, tenaga pendamping desa, tenaga ahli, akademisi, dan

BPMD Flotim Gelar Rakor! Daya Saing Desa Perlu Dibenahi
POS KUPANG.COM/FELIKS JANGU
Rakor BPMD Flotim, Kamis (20/9/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Flores Timur menggelar rapat koordinasi program inovasi desa dan sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa di Aula OMK Larantuka Kamis (20/9/2018).

Rakor ini mengundang stakeholders terkait seperti kepala OPD, camat, kepala desa, tenaga pendamping desa, tenaga ahli, akademisi, dan stakeholders terkait.

Rakoor dibuka resmi oleh Bupati Flores Timur Antonius Hubertus Gege Hadjon. Hadir beberapa pembicara ahli tentang pembangunan desa.

Kadis BPMD Flotim Rufus Koda Teluma dalam laporannya mengungkapkan latar belakang digelarnya rakoor sehari itu.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, jelas Rufus memandatkan bahwa desa berkembang dalam berbagai bentuk sehingga perlu dilindungi dan diberdayakan agar menjadi kuat, maju,mandiri dan demokratis.

Perlindungan dan pemberdayaan desa penting agar desa dapat menciptakan landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan
sejahtera.

Tersedianya dana desa yang memadai, kata Rufus merupakan pengakuan terhadap keberadaan desa dan kemampuan mengelola potensinya.

"Pengelolaan Dana desa serta manajemen sumber daya aparatur desa yang secara terus-menerus ditingkatkan telah berhasil merubah wajah desa menjadi lokasi yang berdaya saing dengan kawasan perkotaan," kata Rufus.

Namun menjadi bahan untuk dicermati bersama, daya saing desa masih perlu dibenahi, mengingat penubahan yang terjadi di desa saat ini pada umumnya masih berada pada tataran pembangunan prasarana.

Halaman
12
Penulis: Felix Janggu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved