Berita Sumba Barat Daya

42 Rumah di Kelurahan Weetabula, SBD Belum Miliki Jamban

berdasarkan hasil pendataan lapangan menemukan 42 rumah warga di Kelurahan Weetabula belum memiliki jamban (wc).

42 Rumah di Kelurahan Weetabula, SBD Belum Miliki Jamban
POS KUPANG.COM/PETRUS PITER
Lurah Weetabula,SBD, Agustina Virgo Ningsi Pare 

Laporan Wartawan Pos-kupang.com, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM,  TAMBOLAKA---Lurah Weetabula, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Agustina Virgo Ningsi Pare, mengatakan, berdasarkan hasil pendataan lapangan menemukan 42 rumah warga di Kelurahan Weetabula belum memiliki jamban (wc).

Untuk mengatasi hal itu maka pihaknya pada tahun anggaran 2018 ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 25 juta untuk memberi bantuan pembangunan jamban bagi 42 rumah warga itu.

Baca: Pesta Kembang Api Meriahkan Festival 3 Gunung

Lurah Weetabula, Kecamatan Kota Tambolaka, SBD, Agustina.Virgo Ningsi Pare, menyampaikan hal itu di Tambolaka, SBD, Jumat (21/9/2018). Lebih lanjut, menjelaskan, bantuan pembuatan jamban diberikan dalam bentuk material dan bukan dalam bentuk uang. Hal itu dilakukan guna memastikan program tersebut berjalan.

Dikuatirkan kalau bantuan tersebut dalam bentuk uang dapat saja dimanfaatkan untuk membelanjakan kebutuhan lainnya dengan alasan tertentu pula.

Karena itu, pemerintah kelurahan memutuskan menurunkan bantuan pembuatan jamban dalam bentuk material agar warga sungguh-sungguh membangunnya. Saat ini, proses pengerjaan sedang berlangsung.

Lurah Agustina juga mengaku sudah berulangkali melakukan sosialiasasi sanitasi berbasis masyarakat ( STBM ) kepada 800 kepala keluarga di kelurahannya. Sayangnya, seringkali kurang mendapat respons positip warga. Warga seringkali mengatakan sampai saat ini belum ada orang meninggal dunia karena tidak ada jamban dan belum ada juga dokter memvonis seseorang menderita sakit atau meninggal dunia karena tidak ada jamban.

Memang, terasa piluh mendengarnya. Namun hal itu tidak mengurangi semangatnya untuk terus melakukan sosialisasi hidup sehat dan tak segan-segan mengingatkan warga membangun jamban bila menemukan rumah warga tak mempunyai jamban.

Dalam kesempan itu, berharap 42 rumah penerima bantuan tersebut dapat membangun jamban sebaiknya demi menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan sekitar. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved