Berita Sumba Barat Daya Terkini

Hutan Watukanggorok di Sumba Barat Daya Terbakar, Ratusan Pohon Jati dan Mahoni Mati

Kawasan hutan Watukanggorok di Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya terbakar, Rabu (18/9/2018) pagi.

Hutan Watukanggorok di Sumba Barat Daya Terbakar, Ratusan Pohon Jati dan Mahoni Mati
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Kawasan hutan Watukanggorok di Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya yang terbakar, Rabu (18/9/2018) pagi. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter

POS-KUPANG.COM | TAMBOLAKA - Kawasan hutan Watukanggorok di Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya terbakar, Rabu (18/9/2018) pagi. Hutan tersebut diduga dibakar oknum yang tidak bertanggungjawab.

Seperti disaksikan POS-KUPANG.COM, Kamis (20/8/2018), api masih membakar kawasan hutan Watukanggorok yang berada di Kecamatan Wewewa Barat, disisi kiri kanan jalan trans Sumba.

Api tersebut diduga dibakar oknum yang tidak bertanggungjawab sejak Rabu (19/9/2018) dan terus membakar hingga pagi ini. Tidak nampak petugas atau warga yang berusaha mematikan.

Baca: KPU Sikka Tetapkan 449 DCT Legislatif

Kawasan tersebut telah habis dilahap sijago merah. Ratusan pohon jati dan pohon mahoni mati.

Sementara itu, Ina Resti Dan David Tamo Ama, dua warga Watukanggorok, SBD, yang yang saat kejadian sedang membersihkan daun-daun kering menjauh dari tempat wisata alam yang dibangun UPT Kehutanan SBD di kawasan hutan tersebut mengatakan, kebakaran hutan Watukanggorok sudah berlangsung selama sepekan terakhir ini.

Baca: Produksi Garam di TTU Menurun, Ini Penyebabnya

Keduanya mengaku, kebetulan lewat melihat api, sehingga bersama beberapa temannya membersihkan daun kering yang ada disekitar lokasi bangunan wisata alam agar tidak terbakar api.

Keduanya menceritkan, awalnya api tersebut membakar tumpukam sampah yang dibuang warga dipinggir jalan, sebelah kiri jalan negara (arah Weetabula, SBD menuju Waikabubak, Sumba Barat), tepat depan tempat wisata alam. Selanjutnya api merambat dan membakar areal kawasan hutan bagian timur. Hanya saja waktu itu api tidak membakar habis seluruh kawasan itu.

Kebakaran kawasan hutan itu kembali terjadi, Rabu (19/9/:2018) sore dan terus terjadi hingga pagi ini. Api membakar kawasan hutan Watukanggorok, disisi kanan jalan dan syukur beberapa bangunan wisata alam tersebut luput dari ancaman api itu. Hal itu karena lokasi wisata alam sedikit bersih dari tumluhkan daun kering.

Keduanya menduga kawasan hutan tersebut sengaja dibakar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Keduanya juga mengaku, selama ini, tidak melihat petugas Kehutanan SBD turun ke lapangan mengecek kebakaran itu.

Keduanya juga berharap pemerintaj harus bertindak tegas menertibkan warga yang membuang sampah sembarangan di kawasan hutan Watukanggorok. Apalagi sampah tersebut dibuang dipinggir jalan negara. (*)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved