Berita Teenager

Filter Paham Radikal Masuk Kampus, PKKMB UMK Bentuk Karakter Mahasiswa

Pembukaan PKKMB UMK tahun 2018 diikuti oleh 1.079 mahasiswa baru yang terdaftar pada 16 program studi (Prodi) dari enam fakultas.

Filter Paham Radikal Masuk Kampus, PKKMB UMK Bentuk Karakter Mahasiswa
Ryan Nong

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Universitas Muhammadyah Kupang (UMK) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2018 di kampus tersebut, Kamis (14/9/2018) hingga Sabtu (16/9/2018).

PKKMB tahun 2018 difokuskan pada pembentukan karakter mahasiswa dan filterisasi mahasiswa terhadap paham-paham radikal yang masuk ke kampus.

Pembukaan PKKMB UMK tahun 2018 diikuti oleh 1.079 mahasiswa baru yang terdaftar pada 16 program studi (Prodi) dari enam fakultas.

Baca: Bagi Pelamar CPNS 2018 di Kabupaten Nagekeo, Baca Info Ini

Kegiatan PKKMB dibuka oleh Rektor UMK, Dr. Zainur Wula, M.Si. Zainur kepada Pos Kupang pada sela-sela kegiatan, mengatakan orientasi pengenalan kampus dilakukan untuk membentuk karakter mahasiswa yang mandiri agar menghasilkan sarjana yang tangguh di kemudian hari.

"Orientasi pengenalan kehidupan kampus harus dilakukan karena ada perbedaan antara sekolah menengah dan perguruan tinggi. Di perguruan tinggi, ada berbagai macam perubahan, seperti kurikulum, lama studi, peran mahasiswa dan kemandirian mahasiswa," katanya.

Saat SMA, kata Zainur, peran guru sangat besar dan dominan.
Di perguruan tinggi, katanya, peran dosen hanya 50 persen dan sisanya lebih ditekankan pada kemandirian. Mahasiswa harus mengembangkan kemampuan, potensi, mendayagunakan karakter sehingga menghasilkan sarjana yang tangguh.

Menurut Zainur, karakter yang dikembangkan adalah karakter mahasiswa yang sesuai dengan ajaran sosiologis negara yang yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca: Kementerian BUMN Buka Penerimaan CPNS, 26 September 2018, Simak Alur Pendaftarannya

"Kami membentuk karakter mahasiswa yang sesuai dengan ajaran sosiologi negara. Bahwa NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tungggal Ika adalah harga mati dan final bagi segenap bangsa Indonesia," tegas Zainur.

Zainur berharap dengan PPKMB bisa membentuk karakter mahasiswa yang tidak hanya pintar secara intelektual, tetapi kuat secara sosial dengan kualitas kepribadian yang baik.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved