Berita Kabupaten Lembata

UMKM Ikut Meriahkan Festival 3 Gunung

usahawan mikro, kecil dan menengah di Lembata, ikut mengambil bagian dalam Festival 3 Gunung yang puncak acaranya di Bukit Cinta Lewoleba

UMKM Ikut Meriahkan Festival 3 Gunung
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Perahu peledang yang akan ditakhtakan di sebuah tugu di Bukit Cinta, Rabu (19/9/2018) petang. 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA --- Sejumlah usahawan mikro, kecil dan menengah di Lembata, akan ikut mengambil bagian dalam Festival 3 Gunung yang puncak acaranya berlangsung di Bukit Cinta Lewoleba, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Usahawan UMKM itu datang dari kecamatan-kecamatan se-kabupaten setempat juga usahawan dari Lewoleba.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Lembata, Gabriel Bala Warat, ketika ditemui Pos Kupang.Com di ruang kerjanya, Rabu (19/9/2018). Gabriel dihubungi terkait partisipasi UMKM di daerah itu dalam memanfaatkan moment festival 3 gunung sebagai wujud dari kemampuan menangkap peluang ekonomi yang lahir dari setiap ivent di daerah itu.

Dikatakannya, melibatkan usahawan mikro, kecil dan menengah itu merupakan hasil dari kerja sama yang dilakukan dengan aparat pemerintah pada 9 kecamatan se-Kabupaten Lembata. Dari komunikasi itu, pemerintah kecamatan memfasilitasi minimal 2 usahawan untuk ambil bagian pada festival itu.

Artinya, lanjut Gabriel, dari 9 kecamatan tersebut, terdata 18 usahawan yang akan memamerkan dan atau menjual aneka kerajinan yang diproduksinya bertempat di Bukit Cinta nanti. "Itu jumlah minimum. Karena ada juga usahawan muda di Lewoleba yang telah meminta untuk ikut ambil bagian dalam ivent itu," ujarnya.

Usahawan dari Lewoleba itu, ungkap Gabriel, akan menjual aneka aksesoris baik yang terbuat dari tempurung kelapa, tulang mamalia paus, ikan seguni dan lainnya. Juga aneka kain tenun ikat motif Lembata.

Sementara untuk menyukseskan festival tersebut, pada Rabu (19/9/2018) petang sebanyak 1.111 peserta melaksanakan gladiresik tenue (pemintalan benang dari kapas) bertempat di Bukit Cinta. Latihan dan pengenalan tempat tersebut, diikuti oleh semua peserta tenue, baik anak SD, SMP maupun siswa/siswi SMA.

Acara tenue tersebut untuk pemecahan rekor muri. Pada kegiatan itu para peserta akan menampilkan formasi bertuliskan LEMBATA 3 GUNUNG. Formasi ini nantinya berlangsung persis di bawah kaki tulisan Lembata yang ada di Bukit Cinta itu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lembata, Apol Mayan mengatakan, Festival 3 Gunung ini nantinya menampilkan aneka kegiatan. Salah satunya adalah festival paralayang. Ada enam paralayang yang akan ditampilkan pada kegiatan tersebut.

"Nanti masyarakat Lembata silahkan mencoba menggunakan paralayang tersebut. Tentunya dengan instruktur atau pelatih yang didatangkan dari Jakarta. Paralayang merupakan salah satu kegiatan yang akan ditampilkan dalam festival 3 gunung nanti," ujar Apol.

Halaman
12
Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help