Berita Pendidikan

Mahasiswa Prodi PPKN Undana Ikut Seminar Kebangsaan, Ini Yang Dilakukan!

Kegiatan bertajuk Wawasan Kebangsaan, Pancasila dan Tantangan di Era Digital, pemateri Dekan FKIP, Drs. Petrus Ly, MSi, dan Pius Rengka.

Mahasiswa Prodi PPKN Undana Ikut Seminar Kebangsaan, Ini Yang Dilakukan!
Gecioa Viana

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Vianna

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang mengikuti seminar wawasan kebangsaan di Aula Rektorat Lama Undana Penfui, Kamis (13/9/2018).

Kegiatan bertajuk Wawasan Kebangsaan, Pancasila dan Tantangan di Era Digital dengan pemateri Dekan FKIP Undana, Drs. Petrus Ly, MSi, dan Pius Rengka, SH, MSc.

Ketua panitia, Dorkas YA Kale, SPd, MPd mengatakan, seminar berwawasan kebangsaan tersebut bertujuan membuka wawasan mahasiswa untuk lebih bijaksana menggunakan media sosial (medsos) yang tengah berkembang pesat sekarang ini.

Baca: Ini Pengakuan Setya Novanto yang Tidak Ingin Golkar Terseret Korupsi

"Seminar ini bertujuan membuka pemikiran mahasiswa agar berpikur global dan tidak terjerumus dalam hal-hal negatif, sehingga nilai-nilai dalam Pancasila dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Dorkas saat ditemui seusai kegiatan.

Dorkas menjelaskan, selain seminar, pihaknya juga mengadakan pelepasan dosen purna bakti Prodi PPKn, FKIP Undana yang berjumlah sembilan orang.

"Kami melakukan pelepasan terhadap sembilan orang dosen Prodi PPKn, FKIP Undana yang sudah purna bakti. Pelepasan dosen purna bakti yang dilakukan secara resmi di kampus sebagai wujdu menghargai jasa para dosen dan tenaga pendidik yang berjuang demi terwujudnya jurusan PPKn yang lebih baik dan berkualitas," katanya.

Menurut Dorkas, lebih dari 400 orang peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut. Peserta bukan saja dari mahasiswa, tetapi para alumni, dosen, tamu undangan dari prodi lain di Undana.

Baca: Bandara Internasional El Tari Raih Penghargaan Prima Madya Kementerian Perhubungan

Dia menjelaskan, kegiatan seminar sudah sering dilaksanakan di Pordi PPKn, tetapi pelepasan dosen purna bakti merupakan kegiatam yang baru pertama kali dilaksanakan di prodi tersebut.

Dorkas berharap kegiatan pelepasan dosen purna bakti dapat berjalan setiap tahunnya, sebagi bentuk apresiasi bagi para dosen yang telah mendedikasikan ilmunya untuk Prodi PPKN.

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Prodi PPKn, Whoren Nomleni, mengatakan materi seminar yang diberikan sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena memperdalam wawasan kebangsaan dan Pancasila sebagai ideoligi bangsa.

Baca: Politani Kupang Beri Sanksi DO Mahasiswa yang Lakukan Kekerasan Saat Mabim

Whoren mengatakan, materi seminar sangat bermanfaat karena sebagai calon tenaga pendidik atau guru yang akan mengajar dan menyelenggarakan pendidikan di sekolah, para mahasiswa dapat menjelaskam dengan baik tentang wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila.

Terkait kegiatan pelepasan dosen purna bakti dimana telah meninggalkan aktivitas akademiknya karena telah lanjut usia, Whoren mewakili rekan-rekan mahasiswa lainnya memberikan apresiasi dan pengghargaan setinggi-tinggijya bagi para dosen yang sudah berkontribusi bagi kemajuan Prodi PPKn Undana.

"Kami tidak mampu membalas dengan materi, hanya ucapan terima kasih yang kami berikan kepada para dosen yang pensiun," katanya. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help