Opini Pos Kupang

Jokowi-Infinity War, Thanos dan Rubella

Belum hilang dari ingatan kita semua, KLB campak dan gizi buruk mengakibatkan 75 anak meninggal di Asmat dari 651

Jokowi-Infinity War, Thanos dan Rubella
pos kupang.com/dion kota
Petugas dari Dinkes Timor Tengah Selatan memberikan imunisasi campak dan rubella kepada siswa SD Negeri Oekamusa belum lama ini. 

Oleh Ermi Ndoen
Anggota Forum Academia NTT (FAN)

POS-KUPANG.COM - Menyikapi situasi perekenomian dunia yang tidak menentu, Presiden Joko Widodo dalam akun Instagram @jokowi mengatakan saat ini dunia sedang menghadapi Infinity War -suatu perang yang tidak berkesudahan.

Untuk penggemar komik dan film Marvel, istilah Infinity War sudah tidak asing lagi. Istilah ini merujuk kepada laga antara kekuatan baik dan jahat yang dipopulerkan oleh film Avengers.

Di hadapan para Kepala Negara dalam acara World Economic Forum on Asean di Hanoi (12 September 2018), Presiden Jokowi menggambarkan ada sosok Thanos -sosok jahat menakutkan di film Avengers yang mengancam setengah populasi populasi di bumi.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, Selasa 18 September 2018 , Taurus, Virgo, Capricorn Bakal Bahagia

Saat ini di Indonesia, sebuah `Infinity War' untuk menyelamatkan kesehatan anak sedang berlangsung. Sejak 1 Agustus hingga 30 September 2018, para petugas kesehatan di 28 provinsi di luar Pulau Jawa, sedang berjibaku melawak sosok `Thanos' tersendiri. Siapakah tokoh `Thanos' tersebut? Tidak lain adalah ancaman virus mematikan campak dan rubella.

Belum hilang dari ingatan kita semua, KLB campak dan gizi buruk mengakibatkan 75 anak meninggal di Asmat dari 651 anak yang terjangkit campak dari Desember 2017 hingga Maret 2018.

Saat itu Presiden Jokowi dan semua pemerhati kesehatan langsung terjun ke Asmat. Hari ini beberapa media nasional memuat berita kejadian luar biasa campak dan rubella di beberapa daerah di Kalimantan.

Virus rubella juga tidak seindah namanya. Rubella atau campak Jerman ini juga merupakan momok menakutkan bagi ibu hamil yang terjangkit.

Baca: 3 Aktris Beken Nonton Konser BTS Dan Menikmati Lagu BTS? Curi Perhatian Army

Virus rubella dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada janin. Kecacatan tersebut meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian atau keterlambatan perkembangan fisik dan psikis dan tidak dapat diobati.

Jika infinity war Jokowi adalah perang dagang yang tidak berakhir, ancaman virus rubella bagi ekonomi juga tidak sedikit bagi orang tua yang anaknya menderita Congenital Rubella Syndrome (CRS).

Halaman
123
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved