Berita Kabupaten Ende

Sidang DKKP Tidak Mempengaruhi Hasil Pilkada Ende

Sidang DKKP tidak mempengaruhi hasil Pilkada Ende yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi

Sidang DKKP Tidak Mempengaruhi Hasil Pilkada Ende
istimewa
Anggota Bawaslu Ende 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggar Pemilihan Umum (DKKP) tidak mempengaruhi hasil Pilkada Ende yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi beberapa waktu karena sidang DKKP berfungsi untuk mengadili secara etik para penyelenggara Pemilu termasuk Bawaslu sebagaimana yang dilakukan oleh DKKP yang menyidangkan Bawaslu Ende.

Baca: Alor Juara Cabor Sepakbola! Begini Suasana di Lapangan TNI AU Penfui Kupang

Baca: Kota Kupang Perkasa di Cabang Olahraga Taekwondo

Anggota Bawaslu Kabupaten Ende, Basilius Wena mengatakan hal itu kepada Pos Kupang di Ende, Minggu (16/9/2018) ketika dikonfirmasi mengenai hasil siding DKKP atas Bawaslu Kabupaten Ende.

Basilius membenarkan bahwa Bawaslu Kabupaten Ende memang sempat menjalani proses persidangan di DKKP RI dan hasil persidangan itu tidak ada hubungannya dengan hasil atau mempengaruhi hasil Pilkada Ende.

Untuk itu dia mengharapkan kepada public di Kabupaten Ende tidak tergiring dengan opini yang menyesatkan bahwa seakan-akan siding DKKP akan mempengaruhi hasil Pilkada Ende.

“Kalau sengketa Pilkada proses penyelesainnya secara hukum di Mahkamah Konsititusi (MK) bukan di DKKP sedangkan DKKP lebih pada persoalan etik penyelenggara atau pengawas Pemilu misalkan melakukan kesalahan atau melanggar kode etik selaku pengawas Pemilu,”kata Basilius.

Dengan demikian apapun hasil keputusan dari DKKP terhadap Bawaslu Kabupaten Ende tidak akan mempengaruhi hasil Pilkada Kabupaten Ende sebagaimana yang telah ditetapkan oleh KPU dan juga diumumkan oleh DPRD Kabupaten Ende.

“Kalau ada kesalahan pada Bawaslu tentu anggota Bawaslu yang akan dikenai sanksi dan hal itu tidak terkait dengan hasil Pilkada Kabupaten Ende,”kata Basilius. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help