Berita Kabupaten Lembata Terkini

Rumah Keluarga Genape Hancur Dihantam Abrasi

Rumah milik keluarga Abdul Gani Genape yang dibangun di pinggir Pantai SGB Bungsu Lewoleba, telah rusak dihantam abrasi.

Rumah Keluarga Genape Hancur Dihantam Abrasi
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Rumah keluarga Abdul Gani Genape yang rusak dihantam abrasi. Gambar diabadikan, Minggu (16/9/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin

POS-KUPANG.COM | LEWOLEBA - Rumah milik keluarga Abdul Gani Genape yang dibangun di pinggir Pantai SGB Bungsu Lewoleba, telah rusak dihantam abrasi. Dapur telah digerus masuk ke laut, terpisah dari rumah induk.

Disaksikan POS-KUPANG.COM, rumah itu telah rusak parah lantaran tak digunakan. Sementara puing-puing bangunan lain telah masuk ke laut.

Saat air laut surut, bekas bangunan itu terlihat menyatu dengan pasir di atas laut. Dan, bila air laut pasang naik, bangunan itu ada di dalam air laut.

Baca: Plan Internasional Adakan Lokakarya Modul PRB dan API Sekolah Aman Bencana

Menurut Abdul Gani Genape, rumah itu rusak bersamaan dengan tumbangnya pohon-pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai tersebut. Ini terjadi karena dalam beberapa tahun terakhir, abrasi di pantai itu sangat besar.

"Dari pengalaman yang kami alami selama ini, sudah lima deretan pohon kelapa yang tumbang karena abrasi. Saat ini deretan pohon kelapa yang tumbuh persis di tepi pantai ini merupakan yang ke enam. Kelapa ini pasti akan tumbang pada awal tahun nanti," ujar Abdul Gani Genape, Minggu (16/9/2018).

Kekhawatirannya itu, lanjut dia, sangat beralasan. Karena air laut itu setiap saat menggerus wilayah daratan, khususnya di pantai SGB Bungsu, lebih tepat lagi di muara daerah aliran sungai (DAS) Waikomo, Lewoleba.

Dia berharap Pemerintah Kabupaten Lembata tidak menutup mata atas kejadian tersebut. Sebab bila terus dibiarkan, maka akan menimbulkan kerugian yang lebih besar terutama yang dialami masyarakat. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved