Berita Kabupaten Manggarai

Deklarasi Pileg dan Pilpres Damai Jangan Hanya Slogan Saja

Kapolres Manggarai, menginginkan pelaksanaan Pileg dan Pilres 2019 di Kabupaten Manggarai berjalan aman, damai dan lancer.

Deklarasi Pileg dan Pilpres Damai Jangan Hanya Slogan Saja
POS KUPANG.COM/ARIS NINU
Suasana Deklarasi Pileg dan Pilres Damai, Aman dan Sejuk di Aula MCC Ruteng 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Kapolres Manggarai, AKBP Cliffry Steiny Lapian, SIK menginginkan pelaksanaan Pileg dan Pilres 2019 di Kabupaten Manggarai bisa berjalan aman, damai dan lancer. Oleh karena itu, Kapolres Cliff menginisiasi Deklarasi Pileg dan Pilres Damai yang dilaksanakan di Aula MCC Ruteng, Minggu (16/9/2018) siang.

Deklrasi damai yang dilakukan ini bertujuan agar pelaksanaan pesta demokrasi di Bumi Manggarai berjalan jalan damai, aman dan sejuk. Maka itu, Kapolres Cliff mengundang semua elemen di Manggarai menyatakan sikap menjaga pesta demokrasi di Manggarai.

Baca: 2019 Kabupaten Kupang Bangun GOR Berstandar Nasional

Baca: Gubernur Panen jagung petani Malaka! Petani Andalkan Tata Tanam Jagung Double Track

Pantauan POS-KUPANG.COM di Aula MCC Ruteng, Minggu (16/9/2018) siang, Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus, S.H, M.H, Wabup Manggarai, Drs.Victor Madur, Kajari Manggarai, Sukoco, S.H, Dandim 1612 Manggarai, Letkol Inf. Rudi M. Simangunsong, Wakil Ketua DPRD Manggarai, Simprosa Gandur, Vikjen Keuskupan Ruteng, Romo Alfons Segar, Ketua KPUD Manggarai, Redempus Hendri Dewanto Dao, S.E, Ketua MUI Ruteng, H. Amir Kelilauw, Pendeta Gereja GMIT Ruteng, Pdt. Siswati HS Tabun Seran S.Th, pengurus partai politik, organisasi kemahasiswa, perwira dan anggota Polres Manggarai serta Kodim Manggarai.

Kapolres Manggarai, AKBP Cliffry Steiny Lapian, SIK dalam sambutannya mengatakan, penyelengaaran Pilkada Serentak dan tahapan sudah terlaksana dan secara umum baik situasi yang tercipta aman terkendali kondusif.

“Semua itu terlaksana karena komponen masyarakat Manggarai dan campur tangan Pemerintah serta unsur penyenggaranya mendukung Polres Manggarai menjaga kamtibmas. Saat ini,kita telah memasukki tahapan untuk Pileg dan Pilpres 2019 dan sudah mulai berjalan serta mengandung unsur ancaman kamtibmas tentunya perlu mencegah gangguan tersebut sehgingga perlu adanya dukungan partisipasi seluruh yang terlibat untuk mendukung terlaksananya Pemilu Aman,Damai dan Sejuk sesuai harapan kita semua.  Polres mengajak semua yang terlibat penyelenggaraan dan peserta partai politik dan pemerintah daerah untuk menyatakan sikap dan pendapat dalam Deklarasi Pileg dan Pilpres 2019 agar berjalam dengan sukses. Maka itu saya meminta deklrasi ini bukan hanya slogan semata tapi perlu diwujudkan dalam penyelenggaraan agar terciptanya pesta demokrasi yang aman, damai dan sejuk,” kata Kapolres Cliff.

Dandim 1612 Manggarai, Letkol. Inf Rudi M. Simangunsong dalam arahannya mengatakan, Polres Manggarai dalam pemilu telah mengubah paradigma dengan menginisiasi deklarasi damai sehingga mari semua pihak menyambut mari pesta demokrasi dengan bahagia

“Mari kita melihat Pemilu yang melahirkan wakil-wakil rakyat yang memperjuangkan bangsa kita yang merdeka berdaulat, adil dan makmur bukan kompetisi segala-galanya. Maka itu ada perbedaan mari kita lihat pemilu pesta kita bersama. Kami sebagai aparat Negara hadir di tengah masyarakat,” kata Dandim Rudi.

Sementara itu, Vikjen Keuskupan Ruteng, Romo Alfons Segar, Pr dalam pesannya mengajak semua pihak menjaga kesetiaan dan komitmem bersama menjaga 4 pilar yakni UUD, Pancasila, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.(ris)

Bupati Manggarai Ajak Bangun Komitmen Bersama

Sementara itu, Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H dalam sambutannya saat deklarasi mengajak semua pihak menjaga komitmen bersama guna menjaga Pileg dan Pilres 2019 berjalan aman, damai dan sejuk.

“Kita semua bersyukur kepada Tuhan peristiwa yang berahmat untuk penandatanganan satu komitmen untuk mendukung Pilpres dan Pileg yang aman, damai dan sejuk. Saya mengapresiasi dan provisiat kepada Polres Manggarai. Kita juga tahu sejarah politik kita harus diperbaiki dalam aspek pesta demokrasi,” kata Bupati Kamelus.

Ia mengatakan,  semua pihak harus menjaga agar menjadi pesta demokrasi bisa sukses. Para pelaku yang memegang peran penting sebagai calon harus berperilaku baik agar menghasilkan pemilu aman, damai dan sejuk .

Dalam deklarasi di Aula MCC ada pembacaan Deklarasi Damai Bersama dan penandatanganan mendukung Pileg dan Pilres tahun 2019 Aman,Damai dan Sejuk oleh semua yang hadir.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved