Berita Kabupaten TTS

725 Lulusan SMK Ramaikan Kegiatan Job Matching Di SMK Kristen Soe

SMK Kristen Soe menggelar kegiatan job matching untuk menghubungkan para lulusan SMK dengan pihak perusahaan. Sebanyak 725 lulusan SMK

725 Lulusan SMK Ramaikan Kegiatan Job Matching Di SMK Kristen Soe
POS KUPANG.COM/DION KOTA
Cek loket, nampak para lulusan SMK sedang mengecek lowongan pekerjaan dalam kegiatan job matching di SMK Kristen Soe 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – SMK Kristen Soe menggelar kegiatan job matching untuk menghubungkan para lulusan SMK dengan pihak perusahaan. Sebanyak 725 lulusan SMK dari Kabupaten TTS meramaikan kegiatan Job matching yang diikuti 27 perusahaan dari Kota Soe dan Kota Kupang ini.

Baca: Gempa Bumi 3,0 SR Mengguncang Manggarai Barat NTT

Baca: 2019 Kabupaten Kupang Bangun GOR Berstandar Nasional

Baca: Animo Pencinta Burung Berkicau Meningkat! Ronggolawe Nusantara Launching Latberan

Kepala Sekolah SMK Kristen Soe, Drs. Bernadus Naatonis mengatakan, kegiatan Job matching digelar 13 hingga 15 September. Kegiatan Job matching merupakan kerja sama antara SMK kristen Soe, pihak perusahaan dan Kementerian Pendidikan. Untuk TTS sendiri, kegiatan Job matching merupakan yang pertama kali digelar.

" Tidak gampang untuk mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pendidikan guna menyelenggarakan Job matching. Untuk NTT, cuma dua SMK yang dipercaya untuk menggelar Job matching tahun ini.

Pasalnya, kita harus lebih dahulu meyakinkan pihak pengusaha untuk mau bekerja sama dengan kita dalam hal pemenuhan kebutuhan tenaga kerja. Usai mendapatkan keyakinan dari pihak pengusaha, barulah kita membuat proposal ke kementerian pendidikan guna mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan Job matching, " ungkapnya.

Dalam kegiatan Job matching, para pencari kerja diberikan sosialisasi terkait bagaiman cara membuat lamaran yang baik. Selain itu, para pelamar juga diberikan Link top carir guna mengecek lowongan pekerjaan dari perusahan-perusahan di seluruh Indonesia.

Selain itu, 27 perusahan yang ikut dalam kegiatan Job matching langsung melakukan wawancara guna merekrut tenaga kerja lulusan SMK.

" Saat ini angka pencari kerja lulusan SMK cukup tinggi oleh sebab itu Job matching merupakan salah satu media untuk menghubungkan pencari kerja dan perusahan. Perusahan yang bergabung dalam kegiatan Job matching langsung melakukan wawancara kepada para pencari kerja. Jika dirasa sesuai maka akan langsung direkrut," jelasnya.

Alexander Tamonob, jurusan pemasaran dari SMK Kristen Oenlasi mengaku tertarik mengikuti kegiatan job matching karena memudahkan dirinya untuk mencari pekerjaan. Ia mengaku, sudah mengikuti wawancara dan tinggal menunggu hasil wawancara tersebut.

Dirinya berharap, kegiatan Job matching bisa dibuat sebagai kegiatan tahunan guna membantu para pencari kerja dalam memperoleh pekerjaan.

" Kegiatan ini sangat bagus dan membantu kami yang sedang mencari pekerjaan. Saya berharap, kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tahunan sehingga bisa membantu masyarakat TTS dalam mendapatkan pekerjaan," pintanya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved